5 Ketakutan AS dalam Perang Melawan Houthi

Kamis, 18 Januari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A

2. Serangan Berlanjut, tapi Tidak Serius

5 Ketakutan AS dalam Perang Melawan Houthi

Foto/Reuters

Penasihat keamanan nasional Biden secara terbuka mengisyaratkan perlunya lebih banyak tindakan militer.

“Kami mengantisipasi Houthi akan terus berusaha menjaga arteri penting ini dalam risiko dan kami terus berhak mengambil tindakan lebih lanjut,” kata Jake Sullivan pada hari Selasa.

Beberapa pejabat dan pakar AS percaya bahwa Houthi menyambut baik konfrontasi dengan AS, dengan mengatakan hal itu membantu mereka mendapatkan dukungan rakyat di Yaman dan memperkuat merek mereka di Timur Tengah sebagai bagian dari “Poros Perlawanan” yang didukung Iran.

Dan kelompok Houthi tampaknya percaya bahwa mereka dapat bertahan dari pemboman AS, bahkan jika sejumlah rudal dan drone dihancurkan.

“Faktanya adalah (drone dan rudal) relatif mudah diganti,” kata Gerald Feierstein, mantan duta besar AS untuk Yaman.

“Apakah mereka mendapatkan motor atau sistem panduan atau sesuatu yang lain dari Iran, mereka dapat merakitnya sendiri.”

3. Hanya Memberikan Label

5 Ketakutan AS dalam Perang Melawan Houthi

Foto/Reuters

Strategi eskalasi seimbang Amerika terlihat jelas pada hari Rabu ketika pemerintahan Biden memasukkan kelompok Houthi ke dalam daftar kelompok teroris.

Namun penerapannya ditunda selama 30 hari, untuk membantu membatasi dampak terhadap bantuan kemanusiaan ke Yaman, dan Biden juga tidak memasukkan kembali kelompok tersebut sebagai “organisasi teroris asing (FTO).”

Penetapan FTO mencakup tindakan yang jauh lebih ketat dibandingkan penetapan baru Houthi sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus (SDGT).

4. Takut Timbul Korban Warga Sipil

5 Ketakutan AS dalam Perang Melawan Houthi

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)