5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal

Kamis, 18 Januari 2024 - 17:17 WIB
loading...
5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal
Yaser Arafat, pemimpin Palestina, menjadi salah satu pemimpin Arab yang terkenal. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Banyak pemimpin Arab terkenal telah muncul di dunia Arab sepanjang zaman, baik modern maupun kuno. Selain itu, para pemimpin negara-negara Arab ini telah berkontribusi terhadap banyak pencapaian politik luar biasa dalam ilmu pengetahuan Arab dan dunia pada umumnya.

Ada banyak pemimpin Arab terkenal yang telah membuktikan kebijaksanaan dan kecerdasannya juga. Selain itu, mereka memainkan peran penting dalam kebijakan Timur Tengah dan Barat.

5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal

1. Abdul Al-Aziz Al Saud

5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal

Foto/Wikipedia

Melansir arabscountries, Abdul Al-Aziz Al Saud adalah Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman bin Faisal Al Saud salah satu Pemimpin Arab Masa Lalu, lahir di Riyadh pada tahun 1876 M. Selain itu, pada saat itu, Ottoman menguasai sebagian besar negara-negara Arab.

Namun ia mampu menyatukan Kerajaan Arab Saudi modern dan raja pertamanya. Selain itu, ia merupakan penguasa keempat belas keluarga Al Saud. Selain itu, ia melanjutkan perang untuk menyatukan Arab Saudi selama lebih dari dua puluh tahun. Raja Abdul Aziz memiliki pendirian yang terkenal terhadap pemerintah Inggris dan Amerika. Dan dia juga mendukung rakyat Palestina dan mengirimkan tentara dan senjata untuk membantu mereka. Dia adalah salah satu presiden Timur Tengah yang paling penting.


2. Gamal Abdul Nasser

5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal

Foto/Wikipedia

Gamal Abdul Nasser adalah salah satu presiden paling penting di Timur Tengah dan pemimpin Arab masa lalu. Namanya Gamal Abdel Nasser Hussein Khalil Sultan, lahir pada tahun 1918 di Alexandria, Mesir Hulu. Dia adalah presiden kedua Mesir setelah Mohamed Naguib.

Selain itu, ia dianggap sebagai pemimpin terpenting dalam revolusi 23 Juli 1952 yang mengakhiri kekuasaan Ottoman di Mesir dan menyebabkan kepergian Raja Farouk dari Mesir. Selain itu, ia mengundurkan diri dari militer dan mengambil alih jabatan perdana menteri dan kemudian presiden Mesir pada tahun 1965 M. Dan juga masyarakat memilihnya setelah referendum.

Selain hal terpenting yang dilakukannya, ketika Amerika dan Inggris berhenti mendanai Bendungan Tinggi. Kemudian, ia memberikan pukulan telak, yaitu nasionalisasi Perusahaan Terusan Suez menjadi milik Mesir sepenuhnya. Hal ini terjadi dalam tahanan persatuan dengan Suriah dengan nama Republik Persatuan Arab untuk jangka waktu tertentu saja. Kemudian, dia meninggal pada tahun 1970.

3. Umar Al-Mokhtar

5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal

Foto/Wikipedia

Melansir arabscountries, namanya Omar bin Mukhtar bin Omar Al Manfi Al Hilali, lahir pada tahun 1858 M. Dia adalah salah satu tokoh perlawanan Muslim Arab yang paling terkenal terhadap pendudukan Italia di Libya. Selain itu, ia melawan Italia sejak usia 53 tahun hingga mencapai usia 72 tahun.

Selain itu, ia meninggal pada tahun 1931 M setelah Italia menjatuhkan hukuman mati terhadapnya. Selain dieksekusi ketika sudah tua, hal ini kembali memicu revolusi, dan Libya memperoleh kemerdekaan dari pendudukan Italia. Ia dijuluki dengan banyak gelar oleh orang-orang Arab, Barat, dan umat Islam, seperti Syekh Para Syuhada, Syekh Mujahidin, dan Singa Gurun Pasir.

4. Anwar Al-Sadat

5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal

Foto/Wikipedia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)