5 Kelebihan Rudal Hipersonik Korea Utara

Senin, 15 Januari 2024 - 19:40 WIB
loading...
A A A
Korea Utara menembakkan rudal hipersonik pertamanya pada bulan September 2021, menyebutnya sebagai “senjata strategis” yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya, meskipun beberapa analis Korea Selatan menggambarkan uji coba tersebut sebagai sebuah kegagalan.

Pada bulan Januari 2022, para pejabat Seoul melaporkan bahwa Korea Utara sedang menguji coba rudal hipersonik lainnya yang terbang pada ketinggian yang relatif rendah dengan kecepatan hingga 10 kali kecepatan suara (12.348 kmh/7.673 mph).

Peluncuran pada hari Minggu melibatkan rudal pertama Pyongyang yang ditenagai bahan bakar padat yang akan memfasilitasi peluncuran lebih cepat dengan sedikit persiapan.

Selama perjalanan yang jarang terjadi ke Rusia pada September lalu, Kim memeriksa rudal hipersonik Moskow, dan juga senjata lainnya.

4. Agar Unggul dalam Perlombaan Militer di Asia

Dorongan global terhadap senjata hipersonik adalah bagian dari perlombaan senjata di mana negara-negara kecil di Asia berupaya mengembangkan rudal jarak jauh yang canggih bersama dengan kekuatan militer besar.

Senjata hipersonik dan FOBS dapat menjadi perhatian karena berpotensi menghindari perisai rudal dan sistem peringatan dini.

“Korea Utara tampaknya mencoba mengembangkan rudal hipersonik dan rudal balistik jarak menengah berdasarkan penguat roket propelan padat,” kata Chang Young-keun, seorang profesor di Korea Aerospace University.

“Khususnya, rudal hipersonik jarak menengah hingga jarak jauh akan berguna untuk menyerang Guam sambil menghindari sistem pertahanan rudal AS.”
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)