5 Kelebihan Rudal Hipersonik Korea Utara

Senin, 15 Januari 2024 - 19:40 WIB
loading...
5 Kelebihan Rudal Hipersonik Korea Utara
Rudal hipersonik Korea Utara memiliki banyak kelebihan. Foto/Reuters
A A A
PYONGYANG - Korea Utara telah menguji rudal hipersonik berbahan bakar padat baru dengan jangkauan menengah, di tengah persaingan yang semakin intensif untuk mendapatkan roket jarak jauh generasi berikutnya yang sulit dideteksi dan dicegat.

Amerika Serikat, China, Rusia, dan negara-negara lain juga telah mengembangkan senjata hipersonik dalam beberapa tahun terakhir.

5 Kelebihan Rudal Hipersonik Korea Utara

1. Memiliki Kecepatan hingga 6.200 km per jam

Melansir Reuters, rudal hipersonik biasanya meluncurkan hulu ledak yang bergerak dengan kecepatan lebih dari lima kali kecepatan suara atau sekitar 6.200 km per jam, sering kali bermanuver pada ketinggian yang relatif rendah.

Terlepas dari namanya, para analis mengatakan fitur utama senjata hipersonik bukanlah kecepatan – yang terkadang dapat ditandingi atau dilampaui oleh hulu ledak rudal balistik tradisional – namun kemampuan manuver.

Uji coba rudal hipersonik pertama Korea Utara pada tahun 2021 menampilkan hulu ledak berbentuk pesawat layang, sedangkan peluncuran pada tahun 2022 menggunakan apa yang menurut para pejabat militer dan analis Korea Selatan sebenarnya adalah kendaraan masuk kembali bermanuver berbentuk kerucut (MaRV), atau hulu ledak rudal balistik yang mampu bermanuver untuk menghantam sebuah rudal. target.

Media pemerintah Korea Utara mengatakan uji coba hari Minggu bertujuan untuk memeriksa keandalan mesin bahan bakar padat multi-tahap baru dengan daya dorong tinggi dan hulu ledak bermanuver hipersonik jarak menengah.

Menggabungkan kendaraan luncur dengan rudal yang dapat meluncurkannya sebagian ke orbit – yang disebut sistem pemboman orbital fraksional (FOBS) – dapat menghilangkan waktu reaksi dan mekanisme pertahanan tradisional musuh.

Sebaliknya, rudal balistik antarbenua (ICBM) membawa hulu ledak nuklir pada lintasan balistik yang bergerak ke luar angkasa tetapi tidak pernah mencapai orbit.

2. Meniru Teknologi China

China meluncurkan roket yang membawa kendaraan luncur hipersonik yang terbang melintasi luar angkasa pada tahun 2021, mengelilingi dunia sebelum meluncur menuju sasarannya, yang meleset sekitar dua puluh mil.

Awal tahun itu, Rusia berhasil menguji rudal jelajah hipersonik Tsirkon (Zirkon), yang disebut-sebut oleh Presiden Vladimir Putin sebagai bagian dari sistem rudal generasi baru. Moskow juga menguji senjata tersebut dari kapal selam dan fregat untuk pertama kalinya.

Amerika Serikat mengatakan pada bulan September 2021 bahwa mereka telah menguji senjata hipersonik yang dapat bernapas di udara – yang berarti senjata tersebut dapat terbang sendiri melalui atmosfer seperti rudal jelajah – menandai keberhasilan uji coba pertama senjata kelas tersebut sejak tahun 2013.


3. Akselerasi dengan Teknologi Militer Lain

Pada pertemuan penting Partai Pekerja pada bulan Januari 2021, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebutkan pengamanan senjata hipersonik sebagai salah satu dari lima tugas utama dalam rencana lima tahun untuk meningkatkan kekuatan militer, selain mengembangkan ICBM berbahan bakar padat dan kapal selam nuklir. .
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)
pixels