Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Jum'at, 05 Januari 2024 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Ada banyak alasan mengapa Dag Hammarskjold sering dianggap sebagai Sekretaris Jenderal PBB terbaik. Masa jabatan Hammarskjold sebagai Sekretaris Jenderal menjadikannya upaya untuk meningkatkan hubungan antara Israel dan negara-negara Arab, merundingkan pembebasan tahanan antara AS dan Tiongkok setelah Perang Korea, dan mengawasi tanggapan PBB terhadap Krisis Suez tahun 1956.

Kesediaan Hammarskjold untuk menghadapi kekuatan global dan upaya untuk mengatasi beberapa krisis paling sulit pada masanya adalah alasan mengapa ia dianggap sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terbaik.

Alasan lain Dag Hammarskjold dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB yang paling sukses adalah pembentukan Pasukan Darurat PBB.

UNEF adalah kekuatan militer PBB pertama dan digunakan untuk menyelesaikan krisis setelah invasi Perancis, Inggris dan Israel ke Mesir pada tahun 1956. UNEF adalah perubahan mendasar dalam peran PBB dan merupakan cikal bakal PBB modern. Penjaga perdamaian. Hammarskjold berperan penting dalam mendefinisikan peran kekuatan dalam mengakhiri konflik dan ini adalah alasan utama mengapa ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal terbaik.

Sebagai Sekretaris Jenderal PBB, Dag Hammarskjold berperan aktif dalam menyelesaikan konflik di Republik Demokratik Kongo (DRC) yang baru merdeka. Pada tahun 1960, ia melakukan perjalanan pribadi ke Kongo setelah terjadi serangan terhadap pasukan PBB di sana. Saat dalam perjalanan kembali dari wilayah Katanga di Kongo selatan, pesawat Hammarskjold jatuh dan dia, bersama 14 penumpang lainnya tewas. Dia adalah satu-satunya Sekretaris Jenderal PBB yang meninggal saat menjabat.

Atas upayanya menyelesaikan krisis Kongo, dan pengorbanan yang dilakukannya, Dag Hammarskjold kembali sering dianggap sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terbaik.

Setelah kematiannya, Dag Hammarskjold secara anumerta dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian. Yang terkenal, Presiden Kennedy menyatakan Hammarskjold adalah 'negarawan terhebat di abad kita'.

3. U Thant

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org

U Thant mengambil peran Sekjen PBB PBB setelah kematian Dag Hammarskjold. Ia juga secara umum dianggap sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terbaik.

Thant awalnya ditunjuk sebagai penjabat Sekretaris Jenderal untuk menyelesaikan sisa masa jabatan Hammarskjold. Namun, keberhasilannya kali ini berarti ia diangkat untuk masa jabatannya sendiri. Thant adalah Sekretaris Jenderal PBB dari tahun 1961 hingga 1971.

Sebagai Sekretaris Jenderal pertama dari negara berkembang, masa jabatan U Thant sebagai Sekretaris Jenderal penting dalam menjadikan PBB sebagai badan global yang sesungguhnya. Keterwakilannya di negara-negara yang baru didekolonisasi adalah alasan lain mengapa ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB yang penting.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)