Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Jum'at, 05 Januari 2024 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB, Thant dikreditkan dengan banyak prestasi dan, setelah mengawasi PBB selama beberapa krisis besar, koordinasinya dalam respons internasional masih digembar-gemborkan hingga hari ini.

Prestasi besar Thant sebagai Jenderal Keamanan PBB termasuk memfasilitasi negosiasi antara AS dan Soviet selama Krisis Rudal Kuba. Keberhasilannya dalam menghindari perang nuklir besar-besaran antara negara adidaya dan merupakan alasan utama ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terbaik.

U Thant mampu mengakhiri Krisis Kongo yang merenggut nyawa Dag Hammarskjold. Keberhasilannya di sini juga menjadi alasan ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB yang terkemuka

Selama masa jabatan Thant sebagai Sekretaris Jenderal, dua peristiwa besar dunia adalah Perang Vietnam dan konflik Arab-Israel yang sedang berlangsung. Keduanya merupakan krisis yang sulit diselesaikan tanpa solusi yang mudah. Namun, Thant dianggap secara umum menjunjung tinggi posisi PBB dan menahan diri untuk tidak dianggap terikat pada kedua pihak. Meskipun ia tidak dapat menyelesaikan kedua konflik tersebut, penanganan Thant terhadap peristiwa-peristiwa ini dipandang cekatan dan merupakan alasan lain mengapa ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB yang terkemuka.

Sejak tahun 1967, perselisihan antara Turki dan Siprus Yunani meningkat dan Turki mengancam akan melakukan intervensi militer. Thant melakukan negosiasi ekstensif mengenai masalah Siprus dan pada saat itu mampu mencegah eskalasi militer lebih lanjut. Meskipun Turki kemudian menginvasi Siprus pada tahun 1974, metode negosiasi pribadi Thant dipandang sebagai model bagi Sekretaris Jenderal di kemudian hari dan alasan lain mengapa ia dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

4. Kurt Waldheim

Kurt Waldheim diangkat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk masa jabatan lima tahun mulai tanggal 1 Januari 1972. Dewan Keamanan telah merekomendasikan penunjukan tersebut pada tanggal 21 Desember 1971 dan Majelis Umum menyetujuinya secara aklamasi pada hari berikutnya.

Sekretaris Jenderal lahir di Sankt Andra-Wordern, dekat Wina, Austria, pada tanggal 21 Desember 1918. Waldheim bergabung dengan dinas diplomatik Austria pada tahun 1945, dan dari tahun 1948 hingga 1951 ia menjabat sebagai Sekretaris Pertama Kedutaan di Paris. Ia adalah kepala departemen personalia Kementerian Luar Negeri di Wina dari tahun 1951 hingga 1955. Pada tahun 1955 ia diangkat sebagai Pengamat Permanen untuk Austria di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kemudian pada tahun itu menjadi kepala Misi Austria ketika Austria diterima di Organisasi tersebut.

Selama tiga tahun pertamanya sebagai Sekretaris Jenderal, Waldheim membiasakan diri mengunjungi bidang-bidang yang menjadi perhatian khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pada bulan Maret 1972 ia melakukan perjalanan ke Afrika Selatan dan Namibia untuk memenuhi mandat yang diberikan kepadanya oleh Dewan Keamanan untuk membantu menemukan solusi yang memuaskan bagi masalah Namibia.

5. Javier Pérez de Cuéllar

Javier Perez de Cuellar menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 1 Januari 1982. Pada tanggal 10 Oktober 1986, ia diangkat untuk masa jabatan kedua, yang dimulai pada tanggal 1 Januari 1987. Perez de Cuellar lahir di Lima, Peru, pada tanggal 19 Januari 1920. Beliau adalah seorang pengacara dan diplomat karir.

Ia bergabung dengan Kementerian Luar Negeri Peru pada tahun 1940 dan dinas diplomatik pada tahun 1944, kemudian menjabat sebagai Sekretaris di kedutaan Peru di Perancis, Inggris, Bolivia dan Brasil, dan sebagai Penasihat dan Penasihat Menteri di kedutaan besar di Brasil.

Dalam perjalanan karirnya, Tuan Perez de Cuellar telah dihormati oleh sekitar 25 negara.Pada bulan Oktober 1987, dia dianugerahi Penghargaan Pangeran Asturias untuk promosi kerjasama Ibero-Amerika. Pada bulan Januari 1989, ia dianugerahi Penghargaan Olof Palme untuk Pemahaman Internasional dan Keamanan Bersama oleh Olof Palme Memorial Fund. Pada bulan Februari 1989, ia dianugerahi Penghargaan Jawaharlal Nehru untuk Pemahaman Internasional. Tuan Perez de Cuellar memiliki dua anak.

6. Boutros Boutros-Ghali

Boutros Boutros-Ghali menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa yang keenam pada tanggal 1 Januari 1992, ketika ia memulai masa jabatan lima tahunnya. Pada saat pengangkatannya oleh Majelis Umum pada tanggal 3 Desember 1991, Tuan Boutros-Ghali telah menjadi Wakil Perdana Menteri Luar Negeri Mesir sejak Mei 1991 dan menjabat sebagai Menteri Negara Luar Negeri dari Oktober 1977 hingga 1991.

Bapak Boutros-Ghali telah lama terlibat dalam urusan internasional sebagai diplomat, ahli hukum, cendekiawan, dan penulis yang banyak menerbitkan buku. Ia menjadi anggota Parlemen Mesir pada tahun 1987 dan menjadi bagian dari sekretariat Partai Nasional Demokrat sejak tahun 1980. Hingga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Sosialis Internasional.

7. Kofi Annan

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)