Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Jum'at, 05 Januari 2024 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Kofi Annan adalah Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 1997 hingga 2006. Sekretaris Jenderal pertama dari Afrika, Kofi Annan sering digembar-gemborkan sebagai salah satu Jenderal Keamanan paling sukses yang memimpin PBB.

Setelah karir yang panjang dan cemerlang di PBB, Kofi Annan menjadi Sekretaris Jenderal setelah masa jabatan Boutros Boutros-Ghali.

Annan mencapai banyak hal selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. Prestasi besarnya mencakup kemajuan dalam bidang HIV/Aids, khususnya di Afrika dan proliferasi senjata kimia dan nuklir, serta karyanya di bidang hak asasi manusia, perburuhan, lingkungan hidup, dan antikorupsi. Keberhasilan penting seperti ini pada masanya menandai dia sebagai salah satu jenderal keamanan PBB terbaik.

Alasan lain mengapa Kofi Annan sering disebut sebagai Sekretaris Jenderal PBB terbaik adalah ditetapkannya Tujuan Pembangunan Milenium. Hal ini menandai delapan bidang utama pembangunan global yang harus menjadi fokus selama lima belas tahun ke depan. 191 negara anggota PBB dan 22 organisasi internasional menandatangani Tujuan Pembangunan Milenium dan mereka dipandang sebagai salah satu pendorong terpenting pembangunan internasional dan merupakan pencapaian besar Annan.

Selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan mengatasi banyak tantangan global. Dia berperan penting dalam mendefinisikan peran PBB segera setelah serangan 9/11. Ia juga bertanggung jawab selama invasi AS ke Irak dan Afghanistan dan mengendalikan dampak politik internasional.

Kofi Annan melakukan upaya signifikan untuk mereformasi Perserikatan Bangsa-Bangsa selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. Dia berperan penting dalam mereformasi upaya PBB dalam pemeliharaan perdamaian dan pembangunan perdamaian. Dia juga menyerukan perombakan total Sekretariat PBB. Meskipun tidak semua reformasinya berhasil, upaya bersama untuk memodernisasi dan memperbaiki PBB menandai dia sebagai salah satu Sekretaris Jenderal yang paling penting.

Sebagai tanda keberhasilannya, Kofi Annan dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, bersama dengan PBB secara keseluruhan, pada tahun 2001. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas “karya Annan untuk menciptakan dunia yang lebih terorganisir dan damai”. Sebagai Sekretaris Jenderal kedua yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, hal ini merupakan faktor lain yang menjadikan Kofi Annan sebagai salah satu orang terkemuka yang memimpin PBB.

8. Ban Ki-Moon

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org

Ban Ki-Moon adalah Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 2007 hingga 2016. Ia sering dianggap sebagai salah satu Jenderal Keamanan terbaik.

Dari Korea Selatan, Ban Ki-Moon berkarir sebagai diplomat dan keamanan luar negeri sebelum menjadi Sekretaris Jenderal PBB. Setelah menjabat, Ban mulai menangani beberapa krisis paling mendesak pada saat itu, termasuk genosida di Darfur, pandemi HIV/Aids, serta ambisi nuklir Korea Utara dan Iran. Upayanya yang metodis untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut sejak awal masa jabatannya menandai dia sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terkuat yang pernah dimiliki.

Ban Ki-Moon juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB pada puncak konflik setelah invasi AS ke Irak. Serangan awal terhadap PBB, termasuk pemboman markas besar PBB di Bagdad pada 19 Agustus 2003 yang menewaskan Perwakilan Khusus PBB untuk Irak Sergio Vieira de Mello, telah menjadikan konflik tersebut sebagai situasi yang sulit bagi PBB. Ban dipandang cekatan dalam mengarahkan politik PBB dan perannya di Irak dan ini merupakan alasan penting lainnya mengapa ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terbaik.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)