Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Jum'at, 05 Januari 2024 - 12:12 WIB
loading...
Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia
Sekjen PBB Antonio Guterres merupakan pemimpin organisasi dunia kesembilan. Foto/UN.org
A A A
WASHINGTON - Sekjen PBB merupakan posisi paling tinggi di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Sebagai kepala pejabat administrasi dan kepala sekretariat PBB, Sekjen adalah diplomat tertinggi, pegawai negeri sipil, dan kepala figur PBB.

Sekjen PBB adalah pekerjaan yang sangat penting, mempunyai pengaruh besar terhadap urusan global dan bertindak sebagai penengah utama bagi krisis dan konflik global.

Sembilan orang pernah menjabat Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa. Semuanya sukses; semuanya memiliki kontroversi. Namun, ada beberapa yang lebih sukses dibandingkan yang lain.

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

1. Gladwyn Jebb

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org

Melansir humanitariancareers, Sekretaris Jenderal PBB terbaik adalah Gladwyn Jebb. Dia adalah seorang pegawai negeri asal Inggris yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa pertama dari tahun 1945 – 1946. Ia menjabat posisi tersebut setelah berdirinya PBB dan menjadi penjaga peran tersebut hingga Sekretaris Jenderal penuh pertama dapat dipilih.

Bertindak sebagai Sekretaris Jenderal pada hari-hari penting pertama PBB, Gladwyn Jebb berperan penting dalam menetapkan peran Sekretaris Jenderal dan memastikan ketidakberpihakan dan independensinya.

Gladwyn Jebb mengawasi penunjukan Sekretaris Jenderal PBB pertama – Trygve Lie. Negosiasi antara negara-negara besar, terutama AS dan Uni Soviet mempersulit pembentukan PBB dan menjadikan penunjukan Sekretaris Jenderal sebagai sebuah tantangan. Meskipun Jebb hanya menjabat posisi tersebut untuk waktu yang singkat, perannya dalam memastikan kelancaran transisi menjadi Sekretaris Jenderal permanen menandai dia sebagai salah satu yang terbaik.

Pada akhir Perang Dunia Kedua, negara-negara pemenang mengalihkan perhatian mereka untuk menciptakan sistem dunia yang dapat menghindari konflik global di masa depan. Pembentukan PBB adalah bagian penting dari hal ini. Sebagai orang pertama yang memegang peran Sekretaris Jenderal, Gladwyn Jebb memainkan peran penting dalam pembentukan PBB di hari-hari pertama yang kompleks dan kacau setelah perang. Untuk ini, ia harus dianggap sebagai salah satu Sekretaris Jenderal terbaik.

Menariknya, Gladwyn Jebb merupakan satu-satunya Sekretaris Jenderal PBB yang berasal dari negara anggota tetap dewan keamanan PBB.


2. Dag Hammarskjold

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org

Dag Hammarskjold sering dikatakan sebagai Sekretaris Jenderal PBB yang terbaik. Dari Swedia, Hammarskjold memiliki awal karir sebagai diplomat sebelum menjadi Sekretaris Jenderal PBB pada tahun 1953. Hammarskjold terkenal karena upayanya untuk menyelesaikan banyak krisis global selama menjabat sebagai ketua PBB.

Ada banyak alasan mengapa Dag Hammarskjold sering dianggap sebagai Sekretaris Jenderal PBB terbaik. Masa jabatan Hammarskjold sebagai Sekretaris Jenderal menjadikannya upaya untuk meningkatkan hubungan antara Israel dan negara-negara Arab, merundingkan pembebasan tahanan antara AS dan Tiongkok setelah Perang Korea, dan mengawasi tanggapan PBB terhadap Krisis Suez tahun 1956.

Kesediaan Hammarskjold untuk menghadapi kekuatan global dan upaya untuk mengatasi beberapa krisis paling sulit pada masanya adalah alasan mengapa ia dianggap sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terbaik.

Alasan lain Dag Hammarskjold dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB yang paling sukses adalah pembentukan Pasukan Darurat PBB.

UNEF adalah kekuatan militer PBB pertama dan digunakan untuk menyelesaikan krisis setelah invasi Perancis, Inggris dan Israel ke Mesir pada tahun 1956. UNEF adalah perubahan mendasar dalam peran PBB dan merupakan cikal bakal PBB modern. Penjaga perdamaian. Hammarskjold berperan penting dalam mendefinisikan peran kekuatan dalam mengakhiri konflik dan ini adalah alasan utama mengapa ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal terbaik.

Sebagai Sekretaris Jenderal PBB, Dag Hammarskjold berperan aktif dalam menyelesaikan konflik di Republik Demokratik Kongo (DRC) yang baru merdeka. Pada tahun 1960, ia melakukan perjalanan pribadi ke Kongo setelah terjadi serangan terhadap pasukan PBB di sana. Saat dalam perjalanan kembali dari wilayah Katanga di Kongo selatan, pesawat Hammarskjold jatuh dan dia, bersama 14 penumpang lainnya tewas. Dia adalah satu-satunya Sekretaris Jenderal PBB yang meninggal saat menjabat.

Atas upayanya menyelesaikan krisis Kongo, dan pengorbanan yang dilakukannya, Dag Hammarskjold kembali sering dianggap sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terbaik.

Setelah kematiannya, Dag Hammarskjold secara anumerta dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian. Yang terkenal, Presiden Kennedy menyatakan Hammarskjold adalah 'negarawan terhebat di abad kita'.

3. U Thant

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org

U Thant mengambil peran Sekjen PBB PBB setelah kematian Dag Hammarskjold. Ia juga secara umum dianggap sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terbaik.

Thant awalnya ditunjuk sebagai penjabat Sekretaris Jenderal untuk menyelesaikan sisa masa jabatan Hammarskjold. Namun, keberhasilannya kali ini berarti ia diangkat untuk masa jabatannya sendiri. Thant adalah Sekretaris Jenderal PBB dari tahun 1961 hingga 1971.

Sebagai Sekretaris Jenderal pertama dari negara berkembang, masa jabatan U Thant sebagai Sekretaris Jenderal penting dalam menjadikan PBB sebagai badan global yang sesungguhnya. Keterwakilannya di negara-negara yang baru didekolonisasi adalah alasan lain mengapa ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB yang penting.

Selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB, Thant dikreditkan dengan banyak prestasi dan, setelah mengawasi PBB selama beberapa krisis besar, koordinasinya dalam respons internasional masih digembar-gemborkan hingga hari ini.

Prestasi besar Thant sebagai Jenderal Keamanan PBB termasuk memfasilitasi negosiasi antara AS dan Soviet selama Krisis Rudal Kuba. Keberhasilannya dalam menghindari perang nuklir besar-besaran antara negara adidaya dan merupakan alasan utama ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terbaik.

U Thant mampu mengakhiri Krisis Kongo yang merenggut nyawa Dag Hammarskjold. Keberhasilannya di sini juga menjadi alasan ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB yang terkemuka

Selama masa jabatan Thant sebagai Sekretaris Jenderal, dua peristiwa besar dunia adalah Perang Vietnam dan konflik Arab-Israel yang sedang berlangsung. Keduanya merupakan krisis yang sulit diselesaikan tanpa solusi yang mudah. Namun, Thant dianggap secara umum menjunjung tinggi posisi PBB dan menahan diri untuk tidak dianggap terikat pada kedua pihak. Meskipun ia tidak dapat menyelesaikan kedua konflik tersebut, penanganan Thant terhadap peristiwa-peristiwa ini dipandang cekatan dan merupakan alasan lain mengapa ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB yang terkemuka.

Sejak tahun 1967, perselisihan antara Turki dan Siprus Yunani meningkat dan Turki mengancam akan melakukan intervensi militer. Thant melakukan negosiasi ekstensif mengenai masalah Siprus dan pada saat itu mampu mencegah eskalasi militer lebih lanjut. Meskipun Turki kemudian menginvasi Siprus pada tahun 1974, metode negosiasi pribadi Thant dipandang sebagai model bagi Sekretaris Jenderal di kemudian hari dan alasan lain mengapa ia dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

4. Kurt Waldheim

Kurt Waldheim diangkat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk masa jabatan lima tahun mulai tanggal 1 Januari 1972. Dewan Keamanan telah merekomendasikan penunjukan tersebut pada tanggal 21 Desember 1971 dan Majelis Umum menyetujuinya secara aklamasi pada hari berikutnya.

Sekretaris Jenderal lahir di Sankt Andra-Wordern, dekat Wina, Austria, pada tanggal 21 Desember 1918. Waldheim bergabung dengan dinas diplomatik Austria pada tahun 1945, dan dari tahun 1948 hingga 1951 ia menjabat sebagai Sekretaris Pertama Kedutaan di Paris. Ia adalah kepala departemen personalia Kementerian Luar Negeri di Wina dari tahun 1951 hingga 1955. Pada tahun 1955 ia diangkat sebagai Pengamat Permanen untuk Austria di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kemudian pada tahun itu menjadi kepala Misi Austria ketika Austria diterima di Organisasi tersebut.

Selama tiga tahun pertamanya sebagai Sekretaris Jenderal, Waldheim membiasakan diri mengunjungi bidang-bidang yang menjadi perhatian khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pada bulan Maret 1972 ia melakukan perjalanan ke Afrika Selatan dan Namibia untuk memenuhi mandat yang diberikan kepadanya oleh Dewan Keamanan untuk membantu menemukan solusi yang memuaskan bagi masalah Namibia.

5. Javier Pérez de Cuéllar

Javier Perez de Cuellar menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 1 Januari 1982. Pada tanggal 10 Oktober 1986, ia diangkat untuk masa jabatan kedua, yang dimulai pada tanggal 1 Januari 1987. Perez de Cuellar lahir di Lima, Peru, pada tanggal 19 Januari 1920. Beliau adalah seorang pengacara dan diplomat karir.

Ia bergabung dengan Kementerian Luar Negeri Peru pada tahun 1940 dan dinas diplomatik pada tahun 1944, kemudian menjabat sebagai Sekretaris di kedutaan Peru di Perancis, Inggris, Bolivia dan Brasil, dan sebagai Penasihat dan Penasihat Menteri di kedutaan besar di Brasil.

Dalam perjalanan karirnya, Tuan Perez de Cuellar telah dihormati oleh sekitar 25 negara.Pada bulan Oktober 1987, dia dianugerahi Penghargaan Pangeran Asturias untuk promosi kerjasama Ibero-Amerika. Pada bulan Januari 1989, ia dianugerahi Penghargaan Olof Palme untuk Pemahaman Internasional dan Keamanan Bersama oleh Olof Palme Memorial Fund. Pada bulan Februari 1989, ia dianugerahi Penghargaan Jawaharlal Nehru untuk Pemahaman Internasional. Tuan Perez de Cuellar memiliki dua anak.

6. Boutros Boutros-Ghali

Boutros Boutros-Ghali menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa yang keenam pada tanggal 1 Januari 1992, ketika ia memulai masa jabatan lima tahunnya. Pada saat pengangkatannya oleh Majelis Umum pada tanggal 3 Desember 1991, Tuan Boutros-Ghali telah menjadi Wakil Perdana Menteri Luar Negeri Mesir sejak Mei 1991 dan menjabat sebagai Menteri Negara Luar Negeri dari Oktober 1977 hingga 1991.

Bapak Boutros-Ghali telah lama terlibat dalam urusan internasional sebagai diplomat, ahli hukum, cendekiawan, dan penulis yang banyak menerbitkan buku. Ia menjadi anggota Parlemen Mesir pada tahun 1987 dan menjadi bagian dari sekretariat Partai Nasional Demokrat sejak tahun 1980. Hingga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Sosialis Internasional.

7. Kofi Annan

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org

Kofi Annan adalah Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 1997 hingga 2006. Sekretaris Jenderal pertama dari Afrika, Kofi Annan sering digembar-gemborkan sebagai salah satu Jenderal Keamanan paling sukses yang memimpin PBB.

Setelah karir yang panjang dan cemerlang di PBB, Kofi Annan menjadi Sekretaris Jenderal setelah masa jabatan Boutros Boutros-Ghali.

Annan mencapai banyak hal selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. Prestasi besarnya mencakup kemajuan dalam bidang HIV/Aids, khususnya di Afrika dan proliferasi senjata kimia dan nuklir, serta karyanya di bidang hak asasi manusia, perburuhan, lingkungan hidup, dan antikorupsi. Keberhasilan penting seperti ini pada masanya menandai dia sebagai salah satu jenderal keamanan PBB terbaik.

Alasan lain mengapa Kofi Annan sering disebut sebagai Sekretaris Jenderal PBB terbaik adalah ditetapkannya Tujuan Pembangunan Milenium. Hal ini menandai delapan bidang utama pembangunan global yang harus menjadi fokus selama lima belas tahun ke depan. 191 negara anggota PBB dan 22 organisasi internasional menandatangani Tujuan Pembangunan Milenium dan mereka dipandang sebagai salah satu pendorong terpenting pembangunan internasional dan merupakan pencapaian besar Annan.

Selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan mengatasi banyak tantangan global. Dia berperan penting dalam mendefinisikan peran PBB segera setelah serangan 9/11. Ia juga bertanggung jawab selama invasi AS ke Irak dan Afghanistan dan mengendalikan dampak politik internasional.

Kofi Annan melakukan upaya signifikan untuk mereformasi Perserikatan Bangsa-Bangsa selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. Dia berperan penting dalam mereformasi upaya PBB dalam pemeliharaan perdamaian dan pembangunan perdamaian. Dia juga menyerukan perombakan total Sekretariat PBB. Meskipun tidak semua reformasinya berhasil, upaya bersama untuk memodernisasi dan memperbaiki PBB menandai dia sebagai salah satu Sekretaris Jenderal yang paling penting.

Sebagai tanda keberhasilannya, Kofi Annan dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, bersama dengan PBB secara keseluruhan, pada tahun 2001. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas “karya Annan untuk menciptakan dunia yang lebih terorganisir dan damai”. Sebagai Sekretaris Jenderal kedua yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, hal ini merupakan faktor lain yang menjadikan Kofi Annan sebagai salah satu orang terkemuka yang memimpin PBB.

8. Ban Ki-Moon

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org

Ban Ki-Moon adalah Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 2007 hingga 2016. Ia sering dianggap sebagai salah satu Jenderal Keamanan terbaik.

Dari Korea Selatan, Ban Ki-Moon berkarir sebagai diplomat dan keamanan luar negeri sebelum menjadi Sekretaris Jenderal PBB. Setelah menjabat, Ban mulai menangani beberapa krisis paling mendesak pada saat itu, termasuk genosida di Darfur, pandemi HIV/Aids, serta ambisi nuklir Korea Utara dan Iran. Upayanya yang metodis untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut sejak awal masa jabatannya menandai dia sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terkuat yang pernah dimiliki.

Ban Ki-Moon juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB pada puncak konflik setelah invasi AS ke Irak. Serangan awal terhadap PBB, termasuk pemboman markas besar PBB di Bagdad pada 19 Agustus 2003 yang menewaskan Perwakilan Khusus PBB untuk Irak Sergio Vieira de Mello, telah menjadikan konflik tersebut sebagai situasi yang sulit bagi PBB. Ban dipandang cekatan dalam mengarahkan politik PBB dan perannya di Irak dan ini merupakan alasan penting lainnya mengapa ia dipandang sebagai salah satu Sekretaris Jenderal PBB terbaik.

Sepanjang masa jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal, Ban Ki-Moon adalah pendukung kuat tindakan terhadap perubahan iklim. Sejak awal masa jabatannya, beliau menjadikan pesan ini sebagai salah satu pesan utamanya dan hal ini menandai beliau sebagai salah satu Sekretaris Jenderal yang paling penting.

Isu penting lainnya yang disoroti oleh Ban Ki-Moon sebagai Sekretaris Jenderal adalah hak-hak LGBT. Pada tahun 2012 ia menyampaikan pidato berjudul ''Waktunya Telah Tiba” yang meminta PBB untuk berbuat lebih banyak dalam mempromosikan hak-hak seksual minoritas. Peralihan dari status-quo yang memihak pada kelompok yang terpinggirkan adalah alasan lebih lanjut mengapa Ban Ki-Moon dapat dipandang sebagai Sekretaris Jenderal PBB yang terbaik.

Di akhir masa jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal, konflik antara Rusia dan Ukraina telah berlangsung selama dua tahun. Ketika Perang Dingin baru menjadi kenyataan geo-politik, Ban Ki-Moon dengan tegas mengecam agresi Rusia. Sebuah langkah yang kontroversial namun penting, dapat dilihat sebagai alasan lain atas tingginya penghargaan yang diberikan kepada Ban Ki-Moon atas masa jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal PBB.

9. AntĂłnio Guterres

Siapa Saja Sekjen PBB dari Masa ke Masa? 2 Orang Berasal dari Asia

Foto/UN.org

Melansir Reuters, mantan Perdana Menteri Portugal Antonio Guterres awalnya berjanji untuk secara pribadi membantu menengahi perdamaian dalam berbagai konflik dan mereformasi badan dunia agar menjadi lebih efektif.

Guterres adalah mantan kepala pemerintahan pertama yang terpilih untuk menjalankan badan dunia tersebut dan pengalaman itu akan tercermin dalam cara dia menjalankan tugasnya.

AntĂłnio Guterres, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang kesembilan, memiliki karir yang panjang dan beragam dalam pelayanan publik yang berakar pada satu keharusan utama: untuk memajukan martabat manusia bagi semua.

Dari bekerja sebagai sukarelawan di lingkungan miskin di Lisbon tempat ia dilahirkan, mewakili daerah pemilihannya di parlemen Portugal dan masa jabatannya sebagai Perdana Menteri Portugal, hingga pengabdiannya sebagai Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Guterres berupaya meringankan penderitaan, melindungi masyarakat. rentan dan menjamin hak asasi manusia bagi semua orang.

Prioritas-prioritas ini tetap menjadi inti upayanya saat ini sebagai Sekretaris Jenderal PBB. Sejak menjabat pada bulan Januari 2017, ia telah berupaya untuk mendorong perdamaian, memerangi kebencian, dan memanfaatkan ambisi dalam memerangi darurat iklim global dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Guterres juga menyadari perlunya PBB menjadi lebih inovatif dan efektif, dan telah menggerakkan reformasi luas untuk menggunakan teknologi baru dan meningkatkan ketangkasan, transparansi, dan akuntabilitas. Ia juga berupaya menjadikan organisasi ini lebih setara, termasuk melalui kesetaraan gender – dengan pencapaian penting yang dicapai jauh lebih awal dari jadwal – dan meningkatkan keterwakilan geografis.

Guterres menggambarkan dirinya sebagai seorang multilateralis yang bangga, namun ia menekankan bahwa “kerja sama internasional tidak dapat dianggap remeh”. “Kita harus membuktikan manfaatnya dengan mengatasi masalah nyata yang dihadapi masyarakat.”

Guterres lahir di Lisbon pada tahun 1949 dan lulus dari Instituto Superior TĂ©cnico dengan gelar di bidang teknik. Dia fasih berbahasa Portugis, Inggris, Prancis, dan Spanyol. Ia menikah dengan Catarina de Almeida Vaz Pinto, wakil walikota Lisbon bidang kebudayaan, dan memiliki dua anak, seorang anak tiri dan tiga cucu.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)