China Tunjuk Mantan Kepala Staf Angkatan Laut sebagai Menteri Pertahanan

Jum'at, 29 Desember 2023 - 21:40 WIB
loading...
A A A
Dong menggantikan Li Shangfu, yang mengepalai departemen yang bertanggung jawab atas pengadaan peralatan dan penelitian sebelum mengambil alih jabatan menteri pertahanan pada bulan Maret. Li tidak terlihat di depan umum sejak 25 Agustus.

Reuters mengutip sumber yang melaporkan bahwa Li sedang diselidiki atas tuduhan korupsi terkait pengadaan dan pengembangan peralatan.

Beijing belum menjelaskan hilangnya Li namun mencabut jabatannya sebagai menteri pertahanan dan anggota dewan negara pada bulan Oktober.

Selama masa jabatannya yang singkat sebagai menteri, Li tidak bertemu dengan rekannya dari AS, Menteri Pertahanan Lloyd Austin. Kementerian tersebut menjelaskan bahwa Washington harus terlebih dahulu menghapus sanksi yang dijatuhkan terhadap Li pada tahun 2018 atas perannya dalam pembelian pesawat dan peralatan Rusia.

Dong tidak akan menghadapi kendala seperti itu, karena ia tidak diketahui berada di bawah sanksi AS.

Ketika Presiden Joe Biden dan Xi bertemu di San Francisco bulan lalu, kedua pemimpin sepakat untuk melanjutkan perundingan militer senior yang terhenti setelah kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi ke Taiwan pada Agustus 2022.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)