China Tunjuk Mantan Kepala Staf Angkatan Laut sebagai Menteri Pertahanan

Jum'at, 29 Desember 2023 - 21:40 WIB
loading...
China Tunjuk Mantan Kepala Staf Angkatan Laut sebagai Menteri Pertahanan
Dong Jun ditunjuk sebagai menteri pertahanan China. Foto/Deccan Herald
A A A
BEIJING - China menunjuk mantan panglima Angkatan Laut Dong Jun sebagai menteri pertahanan baru pada Jumat (29/12/2023) untuk menggantikan menteri terakhir yang menghilang dari pandangan publik empat bulan lalu.

Penunjukan anggota parlemen China ini terjadi ketika Presiden Xi Jinping meningkatkan kemampuan militernya sebagai bagian dari upayanya untuk menjadikan China sebagai kekuatan dunia yang dominan, sebuah tujuan yang telah membuat khawatir banyak negara tetangga.

Peran menteri pertahanan China adalah menjadi wajah publik Tentara Pembebasan Rakyat dalam hubungannya dengan media dan angkatan bersenjata lainnya.

Elemen krusial dari tugasnya adalah menjalin hubungan dengan militer Amerika Serikat untuk mengurangi risiko konflik terkait Taiwan dan Laut Cina Selatan, dua titik konflik yang sudah tidak asing lagi bagi Dong, 62 tahun.

Sebelum menjadi panglima Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat dan diangkat menjadi jenderal penuh pada tahun 2021, ia adalah wakil komandan Armada Laut Timur, tulang punggung dari apa yang sekarang menjadi Komando Teater Timur – kekuatan utama yang bertanggung jawab untuk memperebutkan Taiwan, negara yang memiliki pemerintahan sendiri.

Ia juga menjabat sebagai wakil komandan Komando Wilayah Selatan yang beroperasi di wilayah sengketa Laut Cina Selatan, yang sebagian besar wilayahnya diklaim oleh Tiongkok.

“Dong sudah familiar dalam menangani pertemuan dekat antara militer Tiongkok dan AS. Hal ini berguna ketika dia harus menangani krisis antara militer kedua negara,” kata Li Mingjiang, pakar hubungan internasional di Rajaratnam School of International Studies di Singapura, dilansir Reuters.

Wen-Ti Sung, ilmuwan politik dan rekan non-residen di Global China Hub di Dewan Atlantik, mengatakan pemilihan Dong bisa menjadi tanda bahwa pembersihan sedang berlangsung di Departemen Pengembangan Peralatan dan Kekuatan Roket.



Dua menteri pertahanan sebelumnya, yang berasal dari dua kekuatan ini, telah menghilang dari pandangan publik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)