Israel Kalah Perang Melawan Hamas, tapi Netanyahu Tak Mengakuinya

Sabtu, 23 Desember 2023 - 16:46 WIB
loading...
A A A
Tiga hari berikutnya memberikan lebih banyak bukti ketika tiga sandera berhasil melarikan diri dari penculiknya dan mengibarkan bendera putih, namun mereka terbunuh oleh peluru tentara Israel.

Yang memperparah keadaan adalah adanya panggilan telepon dari para sandera yang ditangkap oleh alat yang dipasang pada anjing pelacak milik tentara Israel, dan tiga hari sebelum mereka dibunuh.

Ada bukti lain tentang permasalahan tentara Israel. Angka resmi menyatakan bahwa jumlah korban tewas adalah 460 tentara di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki, dan 1.900 tentara terluka, namun sumber lain menyatakan bahwa jumlah korban luka lebih tinggi dari yang diumumkan.

Sepuluh hari yang lalu, surat kabar Yedioth Ahronoth menerbitkan informasi yang diperoleh dari Pusat Rehabilitasi Tentara di Kementerian Pertahanan Israel. Jumlahnya diperkirakan 5.000 orang terluka, dengan 58% diklasifikasikan sebagai luka serius, dan 2.000 tentara secara resmi dianggap cacat.

Surat kabar Times of Israel melaporkan kematian akibat insiden friendly-fire (ditembak rekan sendiri), mengatakan bahwa 20 dari 105 kematian disebabkan oleh insiden frienldy-fire.

Secara umum, Israel menerapkan “suburb doctrine [doktrin pinggiran kota]", yang menargetkan struktur sosial, militer, dan ekonomi untuk menghancurkan keinginan musuh untuk berperang dan mencegahnya menimbulkan ancaman di masa depan.

Namun “doktrin pinggiran kota” tidak berjalan sesuai rencana, karena kritik datang dari kalangan yang tidak terduga, seperti mantan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace, yang memperingatkan bahwa operasi saat ini akan meninggalkan bekas selama setengah abad ke depan.

Bahkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pun tidak lagi nyaman dengan apa yang terjadi di depan matanya, namun Netanyahu dan pemerintahannya nekat melanjutkan perang selama mungkin.

Rogers mengatakan bahwa serangan Hamas pada 7 Oktober menimbulkan rasa aman di kalangan warga Israel, yang berarti bahwa banyak orang Yahudi akan terus mendukung apa yang dilakukan Netanyahu, dan bahkan dukungan ini mulai goyah, terutama setelah pembunuhan tiga sandera asal Israel oleh peluru tentara Israel sendiri.

Rogers menambahkan bahwa para pemimpin militer Israel akan berada di bawah tekanan untuk mencapai kesuksesan dan akan melanjutkan operasi selama kabinet perang mengizinkan mereka. Kebanyakan dari para pemimpin ini adalah orang-orang yang cerdas dan memiliki pikiran yang mandiri serta mengetahui bahwa, terlepas dari semua perkataan Netanyahu, Hamas tidak dapat dikalahkan atau ide-idenya dihapuskan oleh kekuatan militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)