5 Fakta Gerakan BDS yang Mampu Melumpuhkan Ekonomi Israel dan Pendukungnya

Sabtu, 16 Desember 2023 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Setidaknya tiga perusahaan secara khusus menjanjikan dana kepada kelompok bantuan Palestina, termasuk Accenture (USD1,5 juta) untuk Bulan Sabit Merah Palestina.

4. Jadi Bagian dari Kehidupan

Bagi A’siah Abdalah, 21 tahun, boikot adalah bagian penting dari kehidupan sehari-harinya yang dimulai jauh sebelum tanggal 7 Oktober.

Lahir dan besar di Nikaragua, Abdalah sering menentang sensor pers dan pembunuhan terhadap perempuan saat masih duduk di bangku sekolah menengah, sebuah upaya yang terkadang membuat orang tuanya khawatir akan keselamatannya.

Kakek buyut Abdalah adalah orang Palestina, tapi dia tidak pernah bertemu dengannya. Ketertarikannya terhadap warisan budayanya meningkat ketika pada usia 14 tahun, beberapa anak laki-laki mencoba mengganggunya di sekolah dengan mengatakan kepadanya bahwa “kamu tidak punya negara.” Untuk membuktikan bahwa para penindasnya salah, dia mulai belajar lebih banyak tentang sejarah Palestina.

Abdalah mengatakan bahwa ketika dia memberi tahu orang-orang bahwa dia adalah seorang Kristen Palestina, hal itu sering kali mengejutkan orang-orang, sehingga membuka pintu untuk percakapan yang lebih luas dengan mereka yang berasumsi bahwa semua orang Palestina adalah Muslim.

Pembunuhan warga Kristen Palestina di Gaza, katanya, adalah “genosida di dalam genosida… Ada antara 800 dan 1.000 warga Kristen Palestina yang tersisa. Garis keturunan yang dapat ditelusuri kembali ke orang-orang percaya pertama – sepenuhnya terhapus. Garis keturunan, seluruh keluarga hilang,” katanya kepada Al Jazeera.

Itu sebabnya dia dengan tegas mengatakan bahwa dia seorang Kristen. “Identitas Palestina saya tidak terpisah dari identitas Kristen saya. … Penting bagi masyarakat untuk melihat dan memahaminya, terutama di negara yang sangat menyamakan Kekristenan dengan Zionisme.”

Abdalah saat ini adalah mahasiswa di Universitas New Orleans di negara bagian Louisiana, AS dan berharap untuk melanjutkan ke sekolah hukum.

“Saya selalu memboikot merek tertentu karena saya terus memantau daftarnya,” sambil mengatakan bahwa dia menganggap penting untuk memeriksa situs resmi BDS karena ada informasi yang salah tentang boikot tersebut.

Namun, Abdalah menghadapi kendala unik di Louisiana. Pada tahun 2018, Gubernur Bel Edwards menandatangani undang-undang anti-BDS yang melarang negara membuat kontrak dengan perusahaan yang mendukung kampanye BDS.

Meski begitu, Abdalah berharap organisasi mahasiswa di universitasnya akan mengeluarkan pernyataan simbolis untuk mendukung Palestina. Untuk saat ini, dia fokus memboikot McDonald's, Starbucks, dan Disney.

5. Banyak Didukung Warga Yahudi Pro-Palestina

Koda Sokol, seorang organisator Suara Yahudi untuk Perdamaian, adalah keturunan penyintas Holocaust. Kakek-neneknya melarikan diri ke Israel untuk menghindari genosida, “sehingga keterikatan terhadap Israel sebagai solusi yang diperlukan untuk keselamatan orang Yahudi di keluarga saya sangat erat.” Orang tuanya bahkan mendesaknya untuk mendaftar militer Israel ketika ia masih muda. “Saya dibesarkan dengan Zionisme wajib,” jelasnya. “Dan saya butuh waktu lama untuk menyadarinya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)