Trump Gabung Konferensi Bantuan Internasional untuk Lebanon

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 18:01 WIB
loading...
Trump Gabung Konferensi Bantuan Internasional untuk Lebanon
Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bergabung konferensi dengan Presiden Lebanon Michel Aoun dan pemimpin dunia lainnya untuk membahas bantuan bagi Lebanon setelah ledakan Beirut.

Trump menyatakan dia telah berbicara secara terpisah dengan Presiden Aoun dan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang juga bergabung dalam konferensi itu.

“Kami akan menggelar konferensi pada Minggu (9/8) dengan Presiden Macrona, para pemimpin Lebanon dan para pemimpin dari berbagai belahan dunia lainnya. Semua orang ingin membantu!” tweet Trump.

Trump menyatakan pada Aoun bahwa tiga kapal AS dalam perjalanan ke Lebanon untuk mengirim bantuan dan personel.

Saat konferensi pers di klub golfnya di Bedminster, New Jersey, Trump menjelaskan AS bekerja sama dengan para pejabat Lebanon untuk mengidentifikasi ketubuhan kesehatan dan kemanusiaan. “Serta memberi bantuan lebih lanjut dalam masa mendatang,” tutur Trump.

“Trump dan Macron bicara melalui telepon dan mengungkapkan duka mendalam mereka atas hilangnya nyawa dan kehancuran di Beirut,” tutur juru bicara Gedung Putih Judd Deere.

Ledakan di pelabuhan Beirut menewaskan 154 orang dan melukai 5.000 orang lainnya. Prancis dan negara lain segera memberi bantuan darurat untuk Lebanon, termasuk dokter dan beberapa ton peralatan kesehatan dan makanan.

Badan untuk Pembangunan Internasional AS (USAID) akan memberikan bantuan lebih dari USD15 juta, termasuk bantuan makanan untuk 50.000 orang selama tiga bulan.

USAID juga meminta militer AS mengangkut bantuan medis dan farmasi untuk 60.000 orang selama tiga bulan. (Baca Infografis: Menghadapi Krisis Paling Parah, Lebanon di Ujung Kehancuran)

Para pejabat pemerintahan Trump telah bertemu untuk membahas bantuan tambahan. Mereka juga mengkhawatirkan berbagai isu pemerintahan di Lebanon. (Lihat Video: 190 Kios di Pasar Grogol Terbakar, Kerugian Capai Miliaran Rupiah)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)