5 KTT Iklim PBB yang Hanya Menghasilkan Retorika Tanpa Aksi Nyata

Minggu, 03 Desember 2023 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Dimana: Katowice, Polandia

Kepresidenan: Menteri Energi Polandia Michal Kurtyka

Hasil utama: Rencana Aksi Gender

Negara-negara sepakat bahwa mereka akan menilai kemajuan mereka dalam Perjanjian Paris setiap dua tahun mulai tahun 2024. “Inventarisasi global” ini sekarang sedang berlangsung pada COP28.

KTT ini menegaskan kembali janji yang dibuat pada COP15 tahun 2009 dan masih belum sepenuhnya terealisasi – bahwa setiap tahun hingga tahun 2020 negara-negara industri akan memberikan negara-negara berkembang sebesar $100 miliar per tahun untuk adaptasi perubahan iklim.

Negara-negara juga tidak dapat mencapai konsensus mengenai pasar karbon dan perdagangan emisi meskipun telah menyetujui langkah-langkah tersebut ketika mereka pertama kali menandatangani Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) pada tahun 1992.

Perdagangan emisi melibatkan penggunaan insentif ekonomi seperti pemotongan pajak untuk mengurangi emisi karbon perusahaan.

Namun, salah satu sumber emisi terbesar adalah industri bahan bakar fosil, yang menyumbang 89 persen emisi global pada tahun 2018, menurut ClientEarth. Para pendukung iklim mengatakan bahwa ketika para pemimpin minyak dan gas diikutsertakan dalam negosiasi seperti COP, kepentingan ekonomi mereka menghambat kemajuan besar dalam strategi perubahan iklim.

“Masalah yang dihadapi para pemimpin minyak dan gas dalam diskusi ini adalah berdasarkan pengalaman kami, banyak dari mereka tidak mau menerima kenyataan yang dituntut oleh ilmu pengetahuan,” kata Ramelope. “Untuk membatasi pemanasan hingga 1,5C, kita harus melakukan dekarbonisasi pada masyarakat kita dan itu berarti kita harus secara drastis mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil.”

Sebaliknya, penangkapan dan penyimpanan karbon justru dipromosikan sebagai solusi, meskipun tidak efektif, tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)