5 KTT Iklim PBB yang Hanya Menghasilkan Retorika Tanpa Aksi Nyata

Minggu, 03 Desember 2023 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Penangkapan dan penyimpanan karbon adalah metode untuk membatasi emisi dengan menyimpan karbon dioksida yang dilepaskan dari industri di bawah tanah atau dengan mengolahnya, sehingga mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

5. COP23 2017

5 KTT Iklim PBB yang Hanya Menghasilkan Retorika Tanpa Aksi Nyata

Foto/Reuters

Dimana: Bonn, Jerman

Kepresidenan: Pemerintah Fiji

Hasil utama: Dana Adaptasi Perjanjian Paris, Rencana Aksi Gender

Melansir Al Jazeera, ketika aksi iklim bergerak menuju inklusivitas, konferensi ini menghadirkan konferensi pertama bagi negara-negara berkembang kepulauan kecil yang dipimpin oleh Fiji. Sebagai salah satu dari banyak negara yang menghadapi ancaman kenaikan permukaan air laut, Fiji menggunakan kesempatan ini untuk meluncurkan strategi Jalur Laut untuk mengatasi hubungan antara lautan dan perubahan iklim.

Untuk pertama kalinya di COP, seluruh anggota PBB telah meratifikasi Perjanjian Paris. Namun hal ini disertai dengan beberapa kemunduran, karena lima bulan sebelum KTT, Presiden AS Donald Trump mengumumkan negaranya akan menarik diri dari Perjanjian Paris.

UNFCC juga mengadopsi Rencana Aksi Gender yang pertama untuk memfasilitasi pemantauan, kebijakan, dan aksi iklim yang lebih inklusif.

Para peserta COP23 memutuskan bahwa Perjanjian Paris akan dilaksanakan oleh Dana Adaptasi – yang dibentuk oleh COP7 pada tahun 2001 untuk mendukung negara-negara berkembang dalam beradaptasi terhadap dampak negatif perubahan iklim.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)