Profil Ayatollah Ali Khamenei, Petinggi Iran yang Punya Kuasa Layaknya Presiden

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:53 WIB
loading...
A A A
Setelah kematian Khomeini pada tahun 1989, Majelis Ahli memilih Ali Khamenei sebagai pemimpin kedua Iran. Sebagai pemimpin tertinggi, dia memiliki kendali langsung atau tidak langsung atas cabang eksekutif, legislatif, dan yudikatif pemerintah, serta militer dan media.

Dia menentukan kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Iran. NamaKhamenei dikenal sebagai tokoh yang keras dan konservatif dalam hal-hal yang berkaitan dengan Islam, hak asasi manusia, demokrasi, dan hubungan internasional.

Namun sejak memimpin Iran, Khamenei sering berselisih dengan negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat dan Israel, mengenai isu-isu seperti program nuklir Iran, sanksi ekonomi, hak asasi manusia, dan dukungan terhadap kelompok-kelompok militan di Timur Tengah.

Ali Khamenei adalah seorang pria pendiam yang menyukai puisi. Dia pernah merokok dan mengisap cerutu saat muda, tetapi kemudian berhenti.

Khameneimenikah dengan Khadijeh Mirdamadi pada tahun 1964 dan memiliki enam anak. Salah satu anaknya, Mojtaba Khamenei, diyakini sebagai calon pengganti ayahnya sebagai pemimpin tertinggi kelak.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)