Ada Apa Saja di Terowongan Bawah Tanah Hamas? dari Penjara Sandera hingga Jebakan Maut bagi Tentara Israel

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 03:44 WIB
loading...
A A A
Sejumlah kecil terowongan penyelundupan yang lebih sempit dan dalam masih beroperasi hingga saat ini antara Mesir dan Gaza, menurut dua sumber keamanan dan seorang pedagang di kota El Arish, Mesir, namun terowongan tersebut melambat hingga hampir terhenti sejak konflik Israel-Hamas. perang dimulai.

Para pejabat Mesir tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pada hari Rabu, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan saat memeriksa unit militer di Suez bahwa peran tentara adalah untuk mengamankan perbatasan Mesir.


3. Kekuatan Pertahanan Hamas

Ada Apa Saja di Terowongan Bawah Tanah Hamas? dari Penjara Sandera hingga Jebakan Maut bagi Tentara Israel

Foto/Reuters

Hamas didirikan di Gaza pada tahun 1987 dan diperkirakan mulai menggali terowongan pada pertengahan tahun 1990an, ketika Israel memberikan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang dipimpin Yasser Arafat, pemerintahan sendiri di Gaza.

Jaringan terowongan adalah alasan utama mengapa Hamas lebih kuat di Gaza dibandingkan di Tepi Barat yang diduduki Israel, di mana pemukiman Israel, pangkalan militer dan perangkat pemantauan membuat lebih sulit untuk mendapatkan apa pun dari Yordania.

Pembuatan terowongan menjadi lebih mudah pada tahun 2005 ketika Israel menarik tentara dan pemukimnya keluar dari Gaza, dan ketika Hamas memenangkan kekuasaan pada pemilu tahun 2006.

Tak lama kemudian sayap militer Hamas, Brigade Izz el-Deen al-Qassam, menangkap Gilad Shalit dan membunuh dua tentara Israel lainnya setelah menggali 600 meter untuk menyerang pangkalan Kerem Shalom di perbatasan Gaza.

Setahun kemudian Hamas menggunakan terowongan di Gaza untuk melancarkan serangan militer terhadap pasukan penerus Arafat sebagai pemimpin PLO, Mahmoud Abbas.

Meskipun terowongan militer tetap tertutup bagi mata orang luar, pada masa itu para penyelundup Gaza akan memamerkan terowongan komersial mereka yang hampir tidak tersembunyi di bawah perbatasan Rafah.

Lebarnya sekitar tiga kaki (satu meter) dan menggunakan motor winch untuk mengangkut barang di sepanjang lantai terowongan berpasir dalam tong bensin yang dilubangi.
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)
pixels