Ada Apa Saja di Terowongan Bawah Tanah Hamas? dari Penjara Sandera hingga Jebakan Maut bagi Tentara Israel

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 03:44 WIB
loading...
Ada Apa Saja di Terowongan Bawah Tanah Hamas? dari Penjara Sandera hingga Jebakan Maut bagi Tentara Israel
Terowongan Gaza yang dibangun Hamas menjadi pusat pertahanan bagi kelompok pejuang tersebut. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Apa yang menunggu pasukan darat Israel di Gaza, kata sumber keamanan, adalah jaringan terowongan Hamas yang panjangnya ratusan kilometer dan kedalaman hingga 80 meter. Itu yang digambarkan oleh seorang sandera yang dibebaskan sebagai “jaring laba-laba” dan oleh seorang ahli sebagai :Viet Cong kali 10".

Kelompok Islam Palestina memiliki berbagai jenis terowongan yang membentang di bawah garis pantai berpasir seluas 360 km persegi dan perbatasannya – termasuk terowongan penyerangan, penyelundupan, penyimpanan dan operasional, kata sumber-sumber Barat dan Timur Tengah yang mengetahui masalah tersebut.

Amerika Serikat yakin pasukan khusus Israel akan menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena harus memerangi pejuang Hamas sambil berusaha menghindari pembunuhan sandera yang ditahan di bawah tanah, kata seorang pejabat AS.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mencatat bahwa pertempuran Irak selama sembilan bulan untuk merebut kembali kota Mosul dari ISIS mungkin terbukti lebih mudah daripada apa yang menunggu Israel – kemungkinan besar adalah “banyak IED (alat peledak rakitan), a banyak jebakan, dan hanya aktivitas yang sangat menggelikan".

Meskipun Israel telah banyak berinvestasi dalam deteksi terowongan – termasuk penghalang bawah tanah yang dilengkapi sensor yang disebut “dinding besi” – Hamas masih dianggap memiliki terowongan yang berfungsi untuk mengakses dunia luar.

Setelah putaran terakhir permusuhan pada tahun 2021, pemimpin Hamas di Gaza, Yehya Al-Sinwar, mengatakan: "Mereka mulai mengatakan bahwa mereka menghancurkan 100 km terowongan Hamas. Saya beritahu Anda, terowongan yang kami miliki di Jalur Gaza melebihi 500 km. Bahkan jika narasi mereka benar, mereka hanya menghancurkan 20% terowongan."

Berikut adalah 4 fakta tentang terowongan bawah tanah Hamas.

1. Tempat Mengamankan Para Sandera

Ada Apa Saja di Terowongan Bawah Tanah Hamas? dari Penjara Sandera hingga Jebakan Maut bagi Tentara Israel

Foto/Reuters

Melansir Reuters, banyak sandera yang diculik Hamas diperkirakan bersembunyi di bawah tanah menjelang serangan darat Israel yang diperkirakan akan dilakukan.

Namun perkiraan ratusan kilometer diterima secara luas oleh para analis keamanan, meskipun jalur pantai yang diblokade hanya sepanjang 40 km.

Dengan Israel yang memegang kendali penuh atas akses udara dan laut Gaza serta 59 km dari 72 km perbatasan daratnya – dengan Mesir 13 km ke selatan – terowongan menjadi salah satu dari sedikit cara bagi Hamas untuk membawa senjata, peralatan, dan orang.

Meskipun kelompok tersebut dan kelompok Palestina lainnya merahasiakan jaringan mereka, Yocheved Lifshitz, seorang sandera Israel yang baru saja dibebaskan, mengatakan: “Itu tampak seperti jaring laba-laba, banyak sekali terowongan,” dan menambahkan: “Kami berjalan berkilo-kilometer di bawah tanah ."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)
pixels