Perbedaan Sikap di Antara Anggota, Kenapa Konflik Israel-Hamas Bisa Ganggu Sentralitas ASEAN?

Rabu, 18 Oktober 2023 - 17:38 WIB
loading...
A A A
"Hamas dengan sengaja menargetkan warga sipil, membunuh dan menculik mereka, serta melakukan tindakan teror yang keji. Kekejaman ini tidak dapat dibenarkan dengan alasan apa pun. Kami menyerukan pembebasan segera dan aman semua warga sipil yang disandera oleh Hamas," kata Kementerian Luar Negeri Singapura. (MFA).

“Israel mempunyai hak yang sah untuk membela warga negaranya dan wilayahnya. Namun, dalam menjalankan hak ini Israel harus mematuhi hukum internasional, termasuk hukum perang. Israel harus melakukan yang terbaik untuk melindungi keselamatan dan keamanan warga sipil.”

2. Kepentingan ASEAN dengan Negara Teluk

Perbedaan Sikap di Antara Anggota, Kenapa Konflik Israel-Hamas Bisa Ganggu Sentralitas ASEAN?

Foto/Reuters

Perang ini terjadi ketika para pemimpin ASEAN akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan puncak perdana dengan rekan-rekan mereka di Teluk pada hari Jumat.

ASEAN dan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) menjalin hubungan pada tahun 1990. GCC terdiri dari Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain dan Oman.

“Ini sebenarnya merupakan sebuah tonggak sejarah dalam hubungan ASEAN-GCC. Mereka telah mengadakan pertemuan di sela-sela UNGA (Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa) di tingkat menteri,” kata Sharon Seah, peneliti senior dan koordinator di Pusat Studi ASEAN.

“Jadi akan ada percepatan dalam hal ini. Akan ada kerja sama yang lebih nyata yang dihasilkan dari pertemuan ini.”

Namun pertemuan tersebut kemungkinan akan dibayangi oleh krisis Israel-Hamas yang sedang berlangsung. Bahkan jika para pemimpin membahas cara-cara untuk mempromosikan perdamaian, upaya tersebut kemungkinan besar tidak akan membuahkan hasil, kata para analis.

“Saat ini tidak ada keinginan untuk melakukan pendekatan diplomatik,” kata Jean-Loup Samaan, peneliti senior di Institut Timur Tengah Universitas Nasional Singapura.

“Momentum yang jelas adalah persiapan operasi Israel di Gaza. Satu-satunya peluang yang dapat kita bayangkan adalah setelah operasi itu. Masalahnya adalah kapan operasi itu berakhir, dan itu tidak begitu jelas.”


3. Konflik yang Mengubah Dinamika Politik

Perbedaan Sikap di Antara Anggota, Kenapa Konflik Israel-Hamas Bisa Ganggu Sentralitas ASEAN?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)