Perbedaan Sikap di Antara Anggota, Kenapa Konflik Israel-Hamas Bisa Ganggu Sentralitas ASEAN?

Rabu, 18 Oktober 2023 - 17:38 WIB
loading...
Perbedaan Sikap di Antara Anggota, Kenapa Konflik Israel-Hamas Bisa Ganggu Sentralitas ASEAN?
Negara anggota ASEAN memiliki sikap yang berbeda dalam melihat konflik Hamas-Israel. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Perang Israel- Hamas yang sedang berlangsung dapat mempengaruhi kesatuan dan relevansi Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yang anggotanya mengambil sikap berbeda-beda terhadap krisis ini.

Hal ini terjadi ketika serangan baru-baru ini oleh kelompok Palestina Hamas terhadap Israel memicu perang mematikan tanpa solusi yang jelas, tambah mereka.

Anggota ASEAN telah mengeluarkan pernyataan terpisah mengenai krisis ini, namun kelompok regional tersebut belum memberikan tanggapan secara keseluruhan.

Berikut adalah 3 alasan kenapa konflik Hamas-Israel memicu perpecahan di ASEAN.

1. Mempertanyakan Relevansi ASEAN di Ranah Global

Perbedaan Sikap di Antara Anggota, Kenapa Konflik Israel-Hamas Bisa Ganggu Sentralitas ASEAN?

Foto/Reuters

“Saya pikir hal ini menunjukkan adanya spektrum posisi yang luas di antara negara-negara anggota ASEAN yang sulit untuk dijembatani,” kata Joanne Lin, peneliti utama dan koordinator Pusat Studi ASEAN di ISEAS–Yusof Ishak Institute, kepada Channel News Asia.

“Dan menurut saya akan sulit untuk membentuk posisi atau pandangan yang sama, mengingat sangat beragamnya kebijakan luar negeri dan keamanan di antara negara-negara ASEAN.”

Negara-negara mayoritas Muslim seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei tidak secara resmi mengakui Israel dan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Anggota ASEAN juga mengambil berbagai posisi di wilayah Palestina.

Namun, kurangnya sikap terpadu terhadap konflik tersebut dapat mengurangi relevansi blok tersebut di panggung global, kata para pengamat.

Lin berkata: “ASEAN tidak dapat memainkan peran pendukung jika ASEAN tidak mampu mempertahankan kesatuan dan kredibilitasnya, dan hal ini merupakan tantangan internal. Tantangan seperti Myanmar dan titik konflik regional seperti Laut Cina Selatan.”



Pemerintah Singapura mengatakan pihaknya sangat tertekan dengan meningkatnya jumlah korban sipil dan semakin parahnya krisis kemanusiaan di Jalur Gaza, dan mendesak semua pihak untuk mematuhi hukum kemanusiaan internasional.

"Hamas dengan sengaja menargetkan warga sipil, membunuh dan menculik mereka, serta melakukan tindakan teror yang keji. Kekejaman ini tidak dapat dibenarkan dengan alasan apa pun. Kami menyerukan pembebasan segera dan aman semua warga sipil yang disandera oleh Hamas," kata Kementerian Luar Negeri Singapura. (MFA).

“Israel mempunyai hak yang sah untuk membela warga negaranya dan wilayahnya. Namun, dalam menjalankan hak ini Israel harus mematuhi hukum internasional, termasuk hukum perang. Israel harus melakukan yang terbaik untuk melindungi keselamatan dan keamanan warga sipil.”

2. Kepentingan ASEAN dengan Negara Teluk

Perbedaan Sikap di Antara Anggota, Kenapa Konflik Israel-Hamas Bisa Ganggu Sentralitas ASEAN?

Foto/Reuters

Perang ini terjadi ketika para pemimpin ASEAN akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan puncak perdana dengan rekan-rekan mereka di Teluk pada hari Jumat.

ASEAN dan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) menjalin hubungan pada tahun 1990. GCC terdiri dari Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain dan Oman.

“Ini sebenarnya merupakan sebuah tonggak sejarah dalam hubungan ASEAN-GCC. Mereka telah mengadakan pertemuan di sela-sela UNGA (Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa) di tingkat menteri,” kata Sharon Seah, peneliti senior dan koordinator di Pusat Studi ASEAN.

“Jadi akan ada percepatan dalam hal ini. Akan ada kerja sama yang lebih nyata yang dihasilkan dari pertemuan ini.”

Namun pertemuan tersebut kemungkinan akan dibayangi oleh krisis Israel-Hamas yang sedang berlangsung. Bahkan jika para pemimpin membahas cara-cara untuk mempromosikan perdamaian, upaya tersebut kemungkinan besar tidak akan membuahkan hasil, kata para analis.

“Saat ini tidak ada keinginan untuk melakukan pendekatan diplomatik,” kata Jean-Loup Samaan, peneliti senior di Institut Timur Tengah Universitas Nasional Singapura.

“Momentum yang jelas adalah persiapan operasi Israel di Gaza. Satu-satunya peluang yang dapat kita bayangkan adalah setelah operasi itu. Masalahnya adalah kapan operasi itu berakhir, dan itu tidak begitu jelas.”


3. Konflik yang Mengubah Dinamika Politik

Perbedaan Sikap di Antara Anggota, Kenapa Konflik Israel-Hamas Bisa Ganggu Sentralitas ASEAN?

Foto/Reuters

Para ahli mencatat bahwa perang Israel-Hamas kemungkinan akan mengubah dinamika geopolitik.

Amerika Serikat, misalnya, sudah melakukan hal yang sama bobotnya di belakang Israel. Namun hal ini menimbulkan pertanyaan apakah perhatian Washington akan dialihkan dari krisis Ukraina, dan apakah komitmennya akan semakin menjauh dari Asia Tenggara.

Negara adidaya lainnya, Tiongkok, kurang vokal. Para pengamat percaya bahwa Beijing memposisikan dirinya sebagai pihak yang netral – sebuah langkah yang diperhitungkan untuk menghindari konflik.

Sementara itu, perang Israel-Hamas mempunyai dampak yang luas bagi Timur Tengah, dan para pengamat mengatakan ada ketakutan nyata bahwa kekerasan dapat menyebar di wilayah tersebut.

“Karena konflik di Gaza, baik dengan keterlibatan Hizbullah di Lebanon, fakta bahwa ada kehadiran angkatan laut AS yang sekarang berada di pantai, di lepas pantai Israel, dan mungkin keterlibatan Iran… semua itu menciptakan campuran ketidakpastian,” kata Samaan, yang penelitiannya berfokus pada urusan strategis Timur Tengah.

“Hal ini jelas mengubah Timur Tengah.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)