5 Alasan Jon Fosse dari Norwegia Mendapat Hadiah Nobel Sastra

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 02:02 WIB
loading...
A A A
Fosse juga banyak berbicara tentang pemulihannya dari alkoholisme dan perjuangannya mengatasi kecemasan sosial, serta peran yang dimainkan oleh keyakinan agama.

“Membebaskan diri dari alkoholisme memang mungkin dilakukan, tetapi sulit untuk beralih dari kehidupan yang disebabkan oleh kecanduan ke kehidupan yang dipimpin oleh sesuatu selain alkohol,” kata Fosse dalam wawancara dengan Badan Keselamatan Norwegia pada tahun 2021.

“Perpindahan saya (ke Katolik) dan fakta bahwa saya adalah seorang Katolik yang taat, telah membantu saya,” kata Fosse saat itu.

5. Bukunya Diterjemahkan ke 40 Bahasa

5 Alasan Jon Fosse dari Norwegia Mendapat Hadiah Nobel Sastra

Foto/Reuters

Menurut penerbitnya, karya Fosse telah diterjemahkan ke lebih dari 40 bahasa, dan terdapat lebih dari 1.000 produksi dramanya yang berbeda.

Sejak tahun 2011 Fosse telah tinggal di Grotto, sebuah kediaman kehormatan di lokasi istana kerajaan Oslo yang pernah menampung beberapa penulis dan komposer terkemuka Norwegia pada tahun terakhir.

Didirikan atas wasiat penemu dan pengusaha dinamit Swedia, Alfred Nobel, penghargaan atas prestasi di bidang sastra, sains, dan perdamaian telah diberikan sejak tahun 1901, dan menjadi puncak karier di bidang tersebut.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)