5 Alasan Jon Fosse dari Norwegia Mendapat Hadiah Nobel Sastra

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 02:02 WIB
loading...
5 Alasan Jon Fosse dari Norwegia Mendapat Hadiah Nobel Sastra
Jon Fosse, novelis dari Norwegia, meraih Novel Sastra. Foto/Reuters
A A A
STOCKHOLM - Penulis dan pemain teater Norwegia Jon Fosse memenangkan Hadiah Nobel Sastra 2023. Dia dinilai mampu menghadirkan drama dan prosa inovatifnya yang menyuarakan hal-hal yang tidak dapat diungkapkan.

Lahir pada tahun 1959 di Haugesund di pantai barat Norwegia, Fosse terkenal karena dramanya, meskipun tulisannya mencakup puisi, esai, buku anak-anak, dan terjemahan.

Berikut adalah 5 alasan kenapa Jon Fosse dari Norwegia mendapatkan Nobel Sastra.

1. Karyanya Menceritakan Hidup dan Mati

5 Alasan Jon Fosse dari Norwegia Mendapat Hadiah Nobel Sastra

Foto/Reuters

"Karyanya menyentuh perasaan terdalam yang Anda miliki, kecemasan, ketidakamanan, pertanyaan tentang hidup dan mati,” kata anggota Akademi Swedia Anders Olsson.

"Ini mempunyai dampak universal dari semua yang dia tulis. Dan tidak peduli apakah itu drama, puisi atau prosa, itu sama saja dengan daya tarik dasar humanisme," kata Olsson, dilansir Reuters.


2. Takut Mendapatkan Nobel Sastra

5 Alasan Jon Fosse dari Norwegia Mendapat Hadiah Nobel Sastra

Foto/Reuters

Fosse, yang dipandang sebagai pesaing lama untuk hadiah tersebut dan salah satu favorit tahun ini dalam bursa taruhan, mengatakan dia "kewalahan dan agak takut" dengan penghargaan tersebut.

“Saya melihat ini sebagai penghargaan terhadap sastra yang pertama dan utama bertujuan untuk menjadi sastra, tanpa pertimbangan lain,” ujarnya dalam keterangannya.

Pria berusia 64 tahun ini adalah orang Norwegia keempat dan orang pertama sejak 1928 yang memenangkan Hadiah Nobel Sastra, tahun ini senilai 11 juta mahkota Swedia (sekitar USD1 juta).

“Saya terkejut tetapi pada saat yang sama, dalam arti tertentu, saya tidak terkejut,” katanya kepada lembaga penyiaran publik Swedia, SVT.

"Saya telah menjadi bagian dari diskusi selama sepuluh tahun dan telah mempersiapkan diri dengan hati-hati selama sepuluh tahun agar hal itu bisa terjadi."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)