Negara Mana Saja yang Telah Mengirim Tank ke Ukraina?

Kamis, 05 Oktober 2023 - 03:05 WIB
loading...
Negara Mana Saja yang Telah Mengirim Tank ke Ukraina?
Tank bantuan NATO kerap menjadi target serangan Rusia. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Selama konflik, Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya dengan penuh semangat memasok berbagai senjata dan peralatan militer kepada rezim di Kiev, mulai dari senjata ringan dan pelindung tubuh hingga berbagai sistem peluncuran roket dan tank tempur utama.

Ketika konflik Ukraina meningkat pada tahun 2022 dan pasukan Kiev berada di garis depan perang proksi NATO melawan Rusia, Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Eropa pada awalnya tampak puas memberikan dukungan militer terbatas sekaligus berusaha melumpuhkan Rusia dengan sanksi ekonomi yang keras.

Ketika perang ekonomi melawan Rusia terbukti tidak efektif dan Ukraina terbukti mampu kehilangan perangkat keras militernya dalam pertempuran namun buruk dalam menggantinya, negara-negara pendukung Kiev memutuskan untuk mengubah kebijakannya dan mulai menyediakan senjata yang lebih kuat.

Sebelum Februari 2022, AS dan sekutunya sebagian besar memasok persenjataan “defensif” ke Ukraina seperti peluncur rudal anti-tank portabel Javelin. Pada tahun 2022 dan 2023, mereka memberi Kiev artileri, sistem pertahanan udara, dan kendaraan lapis baja.



Meskipun sifat dari kontribusi ini bervariasi dari satu negara ke negara lain, sejumlah negara bahkan bahkan memasok pasukan Ukraina dengan tank tempur utama – jenis persenjataan yang seharusnya digunakan Kiev untuk menghancurkan pertahanan Rusia dan membawa kekuatan militernya ke Ukraina. rupanya lututnya.

Berita tentang militer Ukraina yang menerima tank dari anggota NATO mulai muncul pada pertengahan tahun 2022, dengan donor terutama merupakan pihak baru yang bergabung dengan blok tersebut. Para “bapak pendiri” NATO tampak puas pada saat itu dan hanya menyaksikan semuanya terjadi.

Jadi negara mana saja yang bergegas memberi Kiev kendaraan lapis baja raksasa yang lamban ini dan apa sebenarnya yang mereka kirimkan?

1. Polandia

Negara Mana Saja yang Telah Mengirim Tank ke Ukraina?

Foto/Reuters

Melansir Sputnik, pada bulan Juli 2022, pihak berwenang Ukraina dengan bangga mengumumkan bahwa mereka menerima kontingen tank tempur utama PT-91 Twardy Polandia, yang pada dasarnya merupakan versi upgrade dari tank T-72 Soviet yang digunakan Polandia saat menjadi anggota Pakta Warsawa.

Negara ini juga memasok Kiev dengan sekitar 320 tank T-72.

Sejumlah modifikasi berbeda dari T-72 juga dikirim ke Ukraina oleh Republik Ceko, Bulgaria dan Makedonia Utara.

2. Slovenia

Negara Mana Saja yang Telah Mengirim Tank ke Ukraina?

Foto/Slovenian Armed Forces
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)