15 Negara Pecahan Uni Soviet, Ada yang Memiliki Populasi Muslim Mayoritas

Senin, 02 Oktober 2023 - 17:54 WIB
loading...
A A A

8. Kirgizstan


Kirgizstan menjadi sebuah negara terkurung daratan di Asia Tengah. Mereka memiliki Bishkek yang menjadi ibu kota dan kota terbesarnya.

Sebagaimana beberapa negara pecahan Uni Soviet lain, Kirgizstan juga memiliki penduduk Muslim yang besar. Di negara ini, Muslim Sunni mendominasi dengan angka melebihi 80%.

9. Latvia


Dulunya, negara ini dikenal sebagai RSS Latvia. Sempat menjadi wilayah yang diperebutkan Uni Soviet dan Jerman, Tentara Merah berhasil kembali mendudukinya sekitar 1944.

Pasca keruntuhan Uni Soviet, Latvia memutuskan merdeka dan menjadi negara sendiri. Namanya pun berubah sebagai Republik Latvia pada Agustus 1991.

10. Lituania


Berikutnya ada Lituania. Negara Baltik ini memiliki ibu kota dan wilayah terbesar di Vilnius.

Lituania dulunya menjadi bagian Uni Soviet bersama Estonia dan Latvia di kawasan Baltik. Mereka menjalankan peran penting sebagai pakta rahasia non-agresi dalam melawan Nazi.

11. Moldova


RSS Moldova menjadi bagian Soviet pada 1940. Waktu itu, wilayahnya memang dicaplok menyusul kemunculan pakta non-agresi Uni Soviet di tahun 1939.

Pascakemerdekaan, Moldova masih dilanda konflik. Namun, seiring waktu keadaan mulai berubah dan mereka mulai menuju keanggotaan penuh Uni Eropa.

12. Tajikistan


Pecahan Uni Soviet berikutnya adalah Tajikistan. Usai keruntuhan Soviet, mereka mengubah namanya menjadi Republik Tajikistan.

13. Turkmenistan


Negara di kawasan Asia Tengah ini memiliki Ashgabat sebagai ibu kota. Wilayahnya sendiri memiliki perbatasan dengan negara seperti Kazakhstan dan Uzbekistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0780 seconds (0.1#10.140)