15 Negara Pecahan Uni Soviet, Ada yang Memiliki Populasi Muslim Mayoritas

Senin, 02 Oktober 2023 - 17:54 WIB
loading...
A A A
Tak lama setelah bubarnya Uni Soviet, Azerbaijan memproklamasikan kemerdekaan. Pada statusnya, negara ini menjadi salah satu pecahan Uni Soviet yang memiliki mayoritas penduduk Muslim.

4. Belarusia


Saat ini, Belarusia mungkin sering dikenali sebagai salah satu sekutu dekat Rusia. Melihat riwayatnya, kondisi tersebut mungkin tidak mengherankan mengingat terdapat sisa-sisa Soviet seperti KGB di negara ini.

Belarusia memiliki ibu kota di Minsk. Sementara itu, mereka juga memiliki perbatasan wilayah dengan Rusia, tepatnya di bagian timur dan timur laut.

5. Estonia


Pada sejarahnya, Uni Soviet merebut negara-negara Baltik yang merdeka seperti Estonia dan menjadikannya republik baru. Hal ini dulunya dilakukan untuk mendukung langkah Soviet dalam melawan Nazi Jerman.

Estonia memiliki ibu kota di Tallinn. Selain bahasa resmi negara, cukup banyak warga negaranya yang menggunakan bahasa Finlandia.

6. Georgia


Georgia mempunyai ibu kota dan kota terbesar di Tbilisi. Wilayah tersebut dikatakan menampung sekitar sepertiga dari total populasinya.

Sebagaimana Armenia dan Azerbaijan, Georgia dulunya menjadi bagian SSR Transkaukasia. Mereka resmi berdiri sendiri setelah keruntuhan Uni Soviet.

7. Kazakhstan

Kazakhstan meninggalkan Uni Soviet pada 16 Desember 1991. Tak hanya memiliki wilayah yang cukup luas, negara ini juga mempunyai populasi Muslim besar.

Pasca mengumumkan kemerdekaan, Kazakhstan melakukan privatisasi perekonomian. Hal ini dilakukan karena memiliki cadangan minyak yang besar, namun masih di bawah Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)