2 Diplomasi Kerajaan Inggris di Panggung Dunia dalam Satu Pekan

Minggu, 24 September 2023 - 21:30 WIB
loading...
A A A
“Ada kesamaan yang menarik dengan situasi di akhir masa pemerintahan Victoria,” Judith Rowbotham, seorang sarjana sosial dan budaya dan profesor peneliti tamu di Universitas Plymouth di barat daya Inggris, mengatakan melalui email.

Penerus Victoria, Raja Edward VII, melakukan kunjungan ke Prancis pada awal masa pemerintahannya yang merupakan “kemenangan diplomatik,” kata Rowbotham, dan, antara lain, melihat Edward berbicara dalam bahasa Prancis dengan fasih dan “menghasilkan diplomasi lembut yang memungkinkan Entente Cordiale."

Perjanjian pada tahun 1904 tersebut merupakan kesepahaman antara Inggris dan Perancis yang bertujuan untuk menyelesaikan sengketa wilayah, dan hal ini ada dalam pikiran Charles ketika ia menyampaikan pidato pertama seorang raja Inggris kepada perwakilan kedua majelis di parlemen Perancis.

“Bersama-sama, potensi kita tidak terbatas,” kata Charles dalam bahasa Prancis.

“Itulah mengapa kita harus menghargai dan menjaga perjanjian kita. Untuk generasi mendatang, ini menjadi perjanjian keberlanjutan untuk mengatasi urgensi global dalam hal iklim dan keanekaragaman secara lebih efisien.”

Rowbotham terkejut melihat kunjungan Charles menunjukkan "manajemen yang cerdas" dalam hal kesinambungan dan perubahan.

"Seperti Edward VII, [Charles] fasih berbicara bahasa Prancis kepada para pendengarnya. Seperti dia, dia menekankan hubungan jangka panjang dan mempromosikan Entente Cordiale. Namun visi Charles adalah perjanjian keramahan dalam masalah lingkungan."


2. Pangeran William Berkunjung ke New York

2 Diplomasi Kerajaan Inggris di Panggung Dunia dalam Satu Pekan

Foto/Reuters

Permasalahan lingkungan hidup juga menjadi fokus utama dalam kunjungan William ke New York, baik saat ia mengenakan sepatu penyeberang yang trendi untuk memasuki East River dan melihat lebih dekat proyek restorasi terumbu tiram, berbicara di pertemuan puncak lingkungan hidup, atau mengumumkan finalis penghargaan Earthshot. .

“Kehadiran Pangeran William yang mengarungi sungai dengan mengenakan baju terusan karet berarti New York Times memberikan liputan yang luas pada proyek ini,” kata Harris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)