Penyakit Misterius Mengintai Dunia, Lebih Ganas dari Covid-19

Minggu, 24 September 2023 - 13:27 WIB
loading...
A A A
“Dalam arti tertentu, kita beruntung dengan adanya Covid-19, meskipun faktanya penyakit ini menyebabkan 20 juta atau lebih kematian di seluruh dunia," sambungnya.

"Intinya adalah sebagian besar orang yang terinfeksi virus berhasil pulih," ucapnya.



"Bayangkan Penyakit X sama menularnya dengan campak dengan tingkat kematian akibat Ebola (67%). Di suatu tempat di dunia, hal ini terus terjadi, dan cepat atau lambat, seseorang akan mulai merasa sakit," tuturnya.

Menjelaskan peningkatan pandemi, Kate mengatakan hal ini bukan hanya disebabkan oleh nasib buruk yang terjadi secara acak. Ia menyebutkan tiga faktor utama yang menjadi penyebabnya – yaitu globalisasi, kelebihan populasi perkotaan, dan penggundulan hutan – yang telah menciptakan kondisi ideal bagi virus untuk berpindah antar spesies.

“Kita perlu mengambil langkah pertama dalam menangani pandemi berikutnya sekarang – dan itu melibatkan penyediaan dana. Namun hanya ada sedikit bukti bahwa kita siap mengeluarkan dana sebesar itu untuk melindungi diri kita dari virus yang sebenarnya, yaitu virus yang dapat membunuh kita. Kerugian moneter akibat tidak adanya tindakan sangatlah besar," tuturnya.

"Bahkan, Covid-19 – virus yang lebih ringan dibandingkan Penyakit X – berhasil membuat kita harus menanggung tagihan sebesar USD16 triliun baik dalam bentuk kehilangan produksi maupun pengeluaran kesehatan masyarakat,” ia menambahkan.

Kate mengatakan sangat penting untuk menemukan kumpulan prototipe vaksin yang berbeda untuk setiap kelompok virus yang mengancam yang diketahui sebelum pandemi berikutnya dimulai.

"Dengan permulaan awal ini, vaksin dapat direkayasa untuk menargetkan ciri-ciri yang sangat spesifik dari Penyakit X, yang untungnya bukannya tidak mungkin sama sekali,” tukasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)