Penyakit Misterius Mengintai Dunia, Lebih Ganas dari Covid-19

Minggu, 24 September 2023 - 13:27 WIB
loading...
Penyakit Misterius Mengintai Dunia, Lebih Ganas dari Covid-19
Penyakit misterius mengintai dunia, diyakini korban tewas akan lebih banyak dari Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Pakar kesehatan global meyakini pandemi besar berikutnya sudah mulai terjadi. Hal ini dapat menyebabkan kematian jutaan orang lebih banyak daripada Covid-19 .

Munculnya Penyakit X – sebagaimana dijuluki oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) – lebih merupakan cukup dimungkinkan, bukan kemungkinan, dan dapat terjadi kapan saja.

WHO percaya bahwa vaksin perlu dibuat dan diberikan sebagai respons yang cepat untuk memerangi penyakit ini, namun seperti pandemi sebelumnya, tidak ada jaminan hal ini akan terjadi.

Laporan tersebut menambahkan bahwa dampak buruknya kemungkinan akan jauh lebih besar daripada dampak buruk Covid-19, di mana dunia tidak siap menghadapinya ketika penyakit ini menyerang pada awal tahun 2020.

"Kita tidak boleh berpuas diri hanya karena Covid-19 sekarang sebagian besar dianggap sebagai penyakit rutin," ucap Kate Bingham, yang mengetuai Satuan Tugas Vaksin Inggris antara bulan Mei dan Desember tahun 2020.



“Biar saya jelaskan begini: pandemi flu pada tahun 1918-1919 menewaskan sedikitnya 50 juta orang di seluruh dunia, dua kali lebih banyak dari jumlah korban tewas pada Perang Dunia I. Saat ini, kita dapat memperkirakan jumlah kematian serupa yang disebabkan oleh salah satu dari banyak virus yang sudah ada," wanita berusia 57 tahun itu memperingatkan.

"Saat ini, terdapat lebih banyak virus yang sibuk bereplikasi dan bermutasi dibandingkan gabungan semua bentuk kehidupan lain di planet kita. Tentu saja tidak semuanya menimbulkan ancaman bagi manusia – tetapi banyak juga yang menimbulkan ancaman,” imbuhnya seperti dikutip dari The Mirror, Minggu (24/9/2023).

Kate mengungkapkan bahwa para ilmuwan saat ini mengetahui adanya 25 keluarga virus, yang masing-masing terdiri dari hingga ribuan virus individu yang semuanya berpotensi berkembang menjadi pandemi.

Selain itu, diperkirakan masih ada sekitar satu juta virus yang belum ditemukan di luar sana yang dapat berpindah dari satu spesies ke spesies lain dan memiliki kemampuan membunuh jutaan umat manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)