Warga Armenia Takut Terjadi Pembersihan Etnis di Nagorno-Karabakh

Sabtu, 23 September 2023 - 22:21 WIB
loading...
A A A
Azerbaijan berargumentasi bahwa hanya 50.000 orang yang terkena dampaknya, namun Sargsyan mengatakan bahwa di kotanya saja terdapat lebih dari itu dan jumlah sebenarnya adalah 110.000 orang.

Sekitar 5.000 orang mencari perlindungan di pangkalan penjaga perdamaian Rusia di bandara setempat.

Pakar Kaukasus Thomas de Waal dari Carnegie Eropa menjadi semakin khawatir tentang nasib mereka dan percaya bahwa ada ancaman pembersihan etnis yang nyata dan dapat dipercaya, baik yang dilakukan secara damai atau dengan pertumpahan darah.

“Tidak akan ada masalah bagi perempuan dan anak-anak,” kata de Waal. “Tetapi pertanyaan besarnya adalah mengenai orang-orang yang bersenjata atau pernah berperang melawan Azerbaijan – yang mungkin merupakan mayoritas penduduk Karabakh.”

Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, telah membuat rencana untuk menampung 40.000 keluarga. Dia menuduh tetangganya melakukan pembersihan etnis di Nagorno-Karabakh, meskipun penilaiannya saat ini adalah bahwa penduduk sipil tidak menghadapi “bahaya langsung”.

Para pejabat Azerbaijan sedang mempertimbangkan semacam amnesti, dengan janji tidak akan mengadili para pejuang yang meletakkan senjata mereka.

Namun penasihat presiden Azerbaijan, Hikmet Hajiyev mengatakan kepada BBC di Azerbaijan, "hukuman ini tidak mencakup mereka yang melakukan kejahatan dalam perang Karabakh Pertama".

Azerbaijan memiliki daftar orang-orang yang dianggap bertanggung jawab atas kejahatan perang pada tahun 2020 dan sebelumnya.

Seorang pria berusia 68 tahun yang menuju ke Armenia untuk menjalani operasi ditangkap pada bulan Juli saat evakuasi Palang Merah, karena dicurigai melakukan kejahatan perang pada tahun 1992. Keluarganya mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar.

Gambar yang dibagikan di media sosial pada hari Jumat menunjukkan warga Karabakh menghapus potret orang-orang yang tewas dalam perang tahun 2020 dari tampilan luar ruangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)