4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri

Selasa, 12 September 2023 - 04:25 WIB
loading...
4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memiliki moda transportasi yang unik dan berbeda dengan pemimpin dunia pada umumnya saat melakukan lawatan ke luar negeri. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dilaporkan dalam perjalanan ke kota pelabuhan Rusia Vladivostok menggunakan kereta antipeluru untuk bertemu Presiden Vladimir Putin.

Sejalan dengan tradisi lama di kalangan pemimpin Korea Utara, Kim kemungkinan akan menghabiskan lebih dari 20 jam perjalanan sekitar 1.180 km dengan lokomotif yang bergerak lambat.

Kereta melaju dengan kecepatan sekitar 50km/jam (31mph) karena perlindungan lapis baja yang kuat.

Sebagai perbandingan, kereta api berkecepatan tinggi di London melaju dengan kecepatan sekitar 200 km/jam, sedangkan kereta peluru Shinkansen di Jepang dapat mencapai kecepatan 320 km/jam.

Perjalanan panjang ini juga memperhitungkan jaringan kereta api di Korea Utara yang terkadang kuno.

Kereta tersebut diberi nama Taeyangho, kata dalam bahasa Korea untuk matahari, dan merujuk secara simbolis kepada pendiri Korea Utara, Kim Il Sung.

Berikut adalah 4 moda transportasi yang biasa digunakan Kim Jong Un saat melakukan lawatan ke luar negeri.

1. Kereta Api Lapis Baja

4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri

Foto/Reuters

Melansir BBC, tradisi perjalanan jarak jauh dengan kereta api dimulai oleh pendiri negara Kim Il Sung – kakek Kim Jong Un – yang naik kereta sendiri dalam perjalanan ke Vietnam dan Eropa Timur.

Kereta mewah ini dikatakan dijaga ketat oleh agen keamanan yang memindai rute dan stasiun yang akan datang untuk mencari bom dan ancaman lainnya.

Ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, yang memerintah Korea Utara dari tahun 1994 hingga kematiannya pada tahun 2011, dilaporkan bepergian dengan kereta api karena kebutuhan karena takut terbang.

Kim Jong Il terkenal melakukan perjalanan selama 10 hari ke Moskow pada tahun 2001 untuk mengadakan pertemuan dengan Putin.

Komandan militer Rusia Konstantin Pulikovsky, yang menemani mantan pemimpin Korea Utara itu dalam perjalanan tahun 2001, berbicara tentang kemewahannya dalam memoarnya Orient Express.

"Dimungkinkan untuk memesan hidangan apa pun dari masakan Rusia, China, Korea, Jepang, dan Prancis."

Bahkan kereta pribadi Putin “tidak senyaman kereta Kim Jong Il,” katanya.

Media pemerintah Korea Utara menyebutkan bahwa Kim Jong Il meninggal karena serangan jantung saat melakukan perjalanan dengan kereta api pada tahun 2011.

Pada bulan November 2009, harian konservatif Korea Selatan Chosun Ilbo melaporkan bahwa kereta lapis baja tersebut memiliki sekitar 90 gerbong. Kendaraan hijau bergaris kuning ini juga memiliki ruang konferensi, ruang audiensi dan kamar tidur, dengan telepon satelit dan televisi dipasang untuk pengarahan.

Kim Jong Un mungkin tidak memiliki ketakutan yang sama dengan ayahnya untuk terbang, karena ia telah terbang dengan jet pribadi buatan Rusia untuk beberapa perjalanan.

Namun saat terakhir kali dia bertemu Putin pada tahun 2019 – kemungkinan terakhir kali Kim bepergian ke luar negeri – dia juga tiba dengan kereta api ke Vladivostok di timur jauh Rusia. Ia kemudian disambut oleh pejabat dengan persembahan tradisional berupa roti dan garam.

Rumor perjalanannya, jika itu terjadi, kemungkinan besar akan dimulai di Pyongyang dan melewati stasiun Tumangang di perbatasan Rusia, di mana roda kereta akan dialihkan ke jalur Rusia.

Peralihan roda diperkirakan memakan waktu setidaknya beberapa jam.


2. Pesawat Pribadi

4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri

Foto/Reuters

Selain kereta api, Kim juga terlihat menggunakan transportasi mewah lainnya yang sangat kontras dengan gaya hidup miskin masyarakat Korea Utara.

Pernah bersekolah di sekolah berasrama di Swiss, Kim Jong Un sudah tidak asing lagi dengan dunia penerbangan.

Pada bulan Mei 2018, ia melakukan penerbangan internasional pertamanya sejak mengambil alih kekuasaan, ke kota Dalian di Tiongkok untuk bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Laporan media menunjukkan dia sebelumnya menggunakan jet pribadinya untuk melakukan perjalanan di Korea Utara.

Pesawat yang menerbangkannya ke China merupakan pesawat jarak jauh buatan Soviet, Ilyushin-62 (Il-62).

Pengamat Korea Utara di situs NK News mengatakan penduduk setempat menyebutnya "Chammae-1" yang diambil dari nama spesies elang lokal.

Bagian luar pesawat berwarna putih dihiasi nama resmi Korea Utara dalam bahasa Korea di kedua sisinya, dengan bendera nasional di sebelah teks tersebut. Ekornya menampilkan bintang merah di dalam lingkaran merah dan biru.

Pesawat tersebut memiliki interior modern, dan Kim kadang-kadang difoto saat sedang bekerja dan mengadakan pertemuan di dalam pesawat.

Chammae-1 menjadi berita utama ketika membawa delegasi Olimpiade tingkat tinggi Pyongyang, termasuk saudara perempuan Kim, Kim Yo-jong, ke Korea Selatan pada tahun 2018.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan bahwa penerbangan tersebut menggunakan nomor identifikasi "PRK-615", kemungkinan merupakan referensi simbolis pada Deklarasi Bersama Utara-Selatan tanggal 15 Juni yang ditandatangani pada tahun 2000 oleh kedua negara.

Kim juga terlihat menggunakan pesawat Ukraina Antonov-148 (AN-148), yang menampilkan logo maskapai penerbangan negara Air Koryo, dalam film dokumenter tahun 2014.

Pada tahun 2015, media pemerintah Korea Utara bahkan memuat rekaman Kim Jong Un yang mengemudikan pesawat ringan buatan dalam negeri dan duduk mengendalikan biplan militer AN-2.

3. Mobil Mewah

4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri

Foto/Reuters

Pada bulan Maret 2018, Kim melakukan perjalanan ke ibu kota China, Beijing, dengan kereta api, tetapi menggunakan Mercedes-Benz S-Class pribadinya untuk melakukan perjalanan di dalam kota.

Menurut harian Korea Selatan JoongAng Ilbo, mobil tersebut diangkut secara khusus di dalam kereta.

Mobil tersebut, yang diproduksi pada tahun 2010, berharga sekitar 2 miliar won Korea ($1,8 juta), surat kabar tersebut melaporkan.

Model S-Class favorit Kim terlihat menonjol selama KTT antar-Korea tahun 2018 di Panmunjom, ketika ia berkendara melintasi perbatasan dengan pengawal berlari di sampingnya.

Konvoinya di puncak juga dilaporkan membawa mobil toilet pribadi, yang digunakan oleh pemimpin tersebut untuk menjawab panggilan alam saat melakukan perjalanan.

Hal ini juga disebutkan dalam laporan tahun 2015 oleh situs web DailyNK yang berbasis di Seoul, yang mengatakan bahwa kamar mandi khusus dibangun di salah satu mobil konvoi kendaraan lapis baja Kim.

4. Kapal Pesiar

4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri

Foto/Reuters

Media pemerintah di Korea Utara menunjukkan Kim mengendarai perahu, kapal selam, bus, dan bahkan lift ski.

Ia juga dikabarkan menggunakan moda transportasi lain, namun hal tersebut belum terlihat dalam perjalanannya ke luar negeri.

Ketika media pemerintah mempublikasikan foto kunjungannya ke tempat penangkapan ikan yang dikelola tentara pada bulan Mei 2013, NK News mengamati sebuah kapal pesiar di latar belakang.

Tidak ada konfirmasi jelas bahwa kapal pesiar tersebut, yang diperkirakan berharga $7 juta, adalah milik Kim, atau bahkan bagaimana kapal tersebut diimpor meskipun ada sanksi internasional terhadap barang-barang mewah.

Namun, mengingat harganya, banyak media internasional yang memilih penguasa negara tersebut sebagai pemilik yang paling mungkin.

Pada bulan Juni 2015, Radio Free Asia yang berbasis di Washington melaporkan bahwa seorang peneliti telah melihat helipad baru di vila tepi danau milik Kim di provinsi Pyongan Selatan.

Peneliti yang bekerja di US-Korea Institute of the Johns Hopkins School of Advanced International Studies tersebut memperkirakan bahwa helipad tersebut mungkin digunakan oleh keluarga atau pengunjung Kim.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)