Pakar Propaganda Keluarga Penguasa Korea Utara Meninggal pada Usia 94 Tahun

Rabu, 08 Mei 2024 - 14:40 WIB
loading...
Pakar Propaganda Keluarga Penguasa Korea Utara Meninggal pada Usia 94 Tahun
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (depan tengah) memberikan penghormatan kepada mantan kepala propaganda Kim Ki-nam, yang meninggal pada usia 94 tahun, di aula pemakaman di Pyongyang. Foto/AP
A A A
PYONGYANG - Mantan ahli propaganda Korea Utara Kim Ki-nam meninggal dunia pada usia 94 tahun.

Kim Ki-nam meninggal karena usia tua dan “disfungsi beberapa organ” yang telah dia terima perawatannya sejak tahun 2022. Demikian dilaporkan KCNA.

Dia telah menghabiskan waktu puluhan tahun memimpin upaya propaganda di negara totaliter tersebut, termasuk membangun kultus kepribadian di sekitar dinasti Kim yang berkuasa.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri pemakamannya pada Rabu pagi dan memberikan penghormatan kepada “veteran revolusioner yang tetap setia tanpa batas” kepada rezim.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap menyamakannya dengan bos propaganda Nazi Jerman Joseph Goebbels, yang dikenal luas karena mantranya "seringlah mengulangi kebohongan dan itu menjadi kebenaran".

Kim Ki-nam tidak memiliki hubungan darah dengan patriarki yang berkuasa meskipun memiliki nama keluarga yang sama yang paling umum di Korea Utara dan Selatan.

Ia diangkat sebagai wakil direktur Departemen Propaganda dan Agitasi Pyongyang pada tahun 1966, di mana ia bekerja sama dengan Kim Jong Il, pendahulu dan ayah dari pemimpin saat ini Kim Jong Un.

Kim Ki Nam kemudian naik jabatan untuk memimpin departemen tersebut, memainkan peran penting dalam membentuk pesan-pesan negara, saat ia menjalankan apa yang kini menjadi dinasti keluarga terlama di dunia.

Dia dilaporkan memiliki hubungan dekat dengan Kim Jong Il, dan beberapa laporan media menggambarkan mereka sebagai "teman minum".

Pada tahun 1970-an, ia ditugaskan di surat kabar negara, Rodong Sinmun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)