Ini Sosok Tentara AS yang Ditangkap Rusia, Sambangi Vladivostok demi Pacar

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:39 WIB
loading...
Ini Sosok Tentara AS yang Ditangkap Rusia, Sambangi Vladivostok demi Pacar
Sersan Staf Gordon Black, tentara AS yang ditangkap dan ditahan di Rusia. Dia datang ke Rusia untuk menemui pacar lamanya. Foto/CBS News
A A A
MOSKOW - Seorang tentara Amerika Serikat (AS) ditangkap dan ditahan pihak berwenang Rusia ketika dia mengunjungi kota Vladivostok.

Para pejabat Amerika mengatakan tentara tersebut adalah Sersan Staf Gordon Black (34). Dia ditempatkan di Korea Selatan dan sedang dalam proses pulang ke Fort Cavazos di Texas.

Namun, kata para pejabat, Black—yang sudah menikah—justru pergi ke Rusia untuk menemui pacar lamanya.

Penangkapannya, yang terjadi pada Kamis pekan lalu, semakin memperumit hubungan AS dengan Rusia, yang semakin tegang seiring berlarutnya perang Moskow di Ukraina.



Para pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim kepada AP, Selasa (7/5/2024), mengatakan Black ditangkap atas tuduhan mencuri sesuatu dari pacarnya dan masih ditahan.

Juru bicara Angkatan Darat AS Cynthia Smith membenarkan bahwa seorang tentara Amerika ditahan pada hari Kamis di Vladivostok, pelabuhan utama militer dan komersial Rusia di Pasifik, atas tuduhan melakukan pelanggaran kriminal.

Dia mengatakan Rusia telah memberi tahu AS dan Angkatan Darat Amerika telah memberi tahu keluarga tentara tersebut.

“Departemen Luar Negeri AS memberikan dukungan konsuler yang sesuai kepada tentara [Amerika] di Rusia,” kata Smith.

Menurut para pejabat AS, wanita Rusia itu—pacar lama Black—pernah tinggal di Korea Selatan, dan musim gugur lalu dia dan Black terlibat perselisihan atau pertengkaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)