6 Alasan Israel Tetap Ngotot Rebut Rafah meski Dikecam Banyak Pihak

Rabu, 08 Mei 2024 - 14:15 WIB
loading...
6 Alasan Israel Tetap Ngotot Rebut Rafah meski Dikecam Banyak Pihak
Seorang anak melihat ketika para pengungsi membongkar tenda mereka menjelang serangan militer Israel di Rafah, Jalur Gaza selatan, 6 Mei 2024. Foto/REUTERS/Hatem Khaled
A A A
RAFAH - Israel tampaknya dibutakan oleh pengumuman Hamas pada Senin (6/5/2024) bahwa pejuang Palestina telah menyetujui proposal gencatan senjata Mesir-Qatar.

Namun pemerintah Israel dengan cepat memperjelas posisinya, usulan tersebut bukanlah sesuatu yang akan mereka setujui, dan, yang lebih eksplisit, pasukan militer Israel segera mengambil alih Rafah, wilayah Palestina di perbatasan Mesir dengan Gaza.

Alasan Israel Berambisi Rebut Rafah

1. Israel Yakin Genosida di Gaza Harus Berlanjut


Bagi banyak analis, pesan pemerintah Israel jelas yakni tidak akan ada gencatan senjata permanen, dan perang dahsyat di Gaza akan terus berlanjut.

“Israel ingin memiliki hak untuk melanjutkan operasi di Gaza,” ujar Mairav Zonszein, analis senior Israel-Palestina untuk International Crisis Group (ICG).

Dia menambahkan, kesepakatan tampaknya tidak mungkin terjadi selama Israel menolak mengakhiri perang untuk selamanya.

“Jika Anda memasuki kesepakatan gencatan senjata, maka Anda (pada akhirnya) memerlukan gencatan senjata,” papar dia kepada Al Jazeera.

2. Israel Berdalih Serang Hamas


Israel berdalih pengeboman Israel di Rafah mempunyai tujuan nyata untuk membubarkan batalion Hamas dan menguasai jalur penyeberangan Gaza-Mesir.

Rezim kolonial Zionis juga menuduh Hamas menggunakan Rafah untuk menyelundupkan senjata ke daerah kantong yang terkepung.

Namun kelompok-kelompok kemanusiaan dengan cepat menunjukkan penutupan penyeberangan akan berdampak buruk bagi lebih dari satu juta warga Palestina yang tinggal di Rafah, yang sebagian besar dari mereka adalah pengungsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0832 seconds (0.1#10.140)