3 Fakta Zelensky Masuk Daftar Buronan Rusia, Ukraina Anggap Hanya Propaganda

Selasa, 07 Mei 2024 - 14:43 WIB
loading...
3 Fakta Zelensky Masuk Daftar Buronan Rusia, Ukraina Anggap Hanya Propaganda
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky masuk dalam daftar orang yang diburu Rusia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Nama Volodymyr Zelensky masuk dalam daftar orang yang diburu pihak berwenang Rusia. Presiden Ukraina itu memang telah diincar Moskow sejak perang pecah Februari 2022.

Sehari setelah mengirim pasukan ke Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato dengan mendesak tentara Ukraina untuk menggulingkan Zelensky.

Zelensky sendiri mengeklaim bahwa setidaknya ada “lima atau enam” upaya pembunuhan terhadap dirinya yang telah digagalkan pada 2023.



Setelah invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina sejak 2022, sosok Zelensky menjadi salah satu tokoh yang mencuri perhatian dunia atas usahanya yang pantang menyerah mempertahankan negaranya.

3 Fakta Zelensky Masuk Daftar Buronan Rusia

1. Daftar Buronan Kementerian Dalam Negeri Rusia


Mengutip dari France 24, nama Zelensky muncul pada hari Sabtu dalam daftar "orang yang dicari" Kementerian Dalam Negeri Rusia, tepatnya di sebuah database online berisi para tersangka penjahat yang dicari oleh pihak berwenang Rusia.

Dalam database tersebut disebutkan bahwa pemimpin Ukraina itu dicari berdasarkan pasal hukum pidana, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

2. Ukraina Anggap Hanya Propaganda Rusia


Sampai saat ini Rusia masih belum memberikan komentar apapun mengenai alasan Zelensky dimasukkan ke dalam daftar buronan.

Menanggapi langkah Moskow, Kementerian Luar Negeri Ukraina menganggapnya sebagai propaganda Rusia, “yang tidak tahu harus memikirkan hal apa lagi untuk menarik perhatian".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)