Penduduk Vladivostok Tunggu Kedatangan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Selasa, 12 September 2023 - 01:06 WIB
loading...
Penduduk Vladivostok Tunggu Kedatangan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un
Warga Vladivostok menyambut kedatangan Kim Jong Un. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Di pelabuhan Pasifik Rusia , penduduk mengatakan mereka mengantisipasi kunjungan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang dikhawatirkan Amerika Serikat dapat menyebabkan lebih banyak pasokan senjata untuk militer Rusia di Ukraina.

Perjalanan Kim masih belum dikonfirmasi. Hal ini pertama kali dilaporkan oleh New York Times dengan mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya dan badan intelijen Korea Selatan mengatakan hal itu mungkin terjadi. Namun media pemerintah di Korea Utara dan Rusia bungkam.

Kremlin mengatakan pihaknya "tidak bisa berkata apa-apa" mengenai masalah ini, meskipun Presiden Vladimir Putin dijadwalkan berbicara minggu ini di sebuah forum ekonomi di pelabuhan Vladivostok di Pasifik, Rusia, 6.500 km (4.000 mil) timur Moskow.

Salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa kunjungan Kim diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari mendatang. Kantor berita Rusia Interfax mengutip beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa Kim akan segera mengunjungi timur jauh Rusia.



Kim tampaknya berangkat ke Rusia dengan kereta api, stasiun penyiaran Korea Selatan YTN melaporkan pada hari Senin, mengutip sumber pemerintah. Perjalanan tersebut, jika dikonfirmasi, akan menjadi kunjungan pertama Kim ke luar negeri dalam lebih dari empat tahun dan yang pertama sejak pandemi COVID.

Vladivostok hanya berjarak 130 km (80 mil) dari perbatasan Rusia dengan Korea Utara. Jika dia benar-benar melakukan perjalanan tersebut, itu akan menjadi kunjungannya yang kedua ke Rusia.

Di Vladivostok, jumlah polisi di jalanan lebih banyak dari biasanya, namun tidak ada bendera Korea Utara yang dipasang - tidak seperti sebelumnya ketika kota tersebut dihiasi dengan bintang berujung lima berwarna merah yang menghiasi bendera negara Komunis tersebut.

Di alun-alun pusat Vladivostok di samping monumen tentara Tentara Merah, warga Rusia mengatakan mereka sedang menunggu kunjungan Kim.

"Kedua negara menunjukkan sikap mereka kepada seluruh dunia dan dapat membela diri mereka sendiri. Jadi, ada kesamaan," kata warga Vladivostok, Fyodor, yang menolak menyebutkan nama belakangnya, dilansir Reuters.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)