4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri

Selasa, 12 September 2023 - 04:25 WIB
loading...
A A A
Selain kereta api, Kim juga terlihat menggunakan transportasi mewah lainnya yang sangat kontras dengan gaya hidup miskin masyarakat Korea Utara.

Pernah bersekolah di sekolah berasrama di Swiss, Kim Jong Un sudah tidak asing lagi dengan dunia penerbangan.

Pada bulan Mei 2018, ia melakukan penerbangan internasional pertamanya sejak mengambil alih kekuasaan, ke kota Dalian di Tiongkok untuk bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Laporan media menunjukkan dia sebelumnya menggunakan jet pribadinya untuk melakukan perjalanan di Korea Utara.

Pesawat yang menerbangkannya ke China merupakan pesawat jarak jauh buatan Soviet, Ilyushin-62 (Il-62).

Pengamat Korea Utara di situs NK News mengatakan penduduk setempat menyebutnya "Chammae-1" yang diambil dari nama spesies elang lokal.

Bagian luar pesawat berwarna putih dihiasi nama resmi Korea Utara dalam bahasa Korea di kedua sisinya, dengan bendera nasional di sebelah teks tersebut. Ekornya menampilkan bintang merah di dalam lingkaran merah dan biru.

Pesawat tersebut memiliki interior modern, dan Kim kadang-kadang difoto saat sedang bekerja dan mengadakan pertemuan di dalam pesawat.

Chammae-1 menjadi berita utama ketika membawa delegasi Olimpiade tingkat tinggi Pyongyang, termasuk saudara perempuan Kim, Kim Yo-jong, ke Korea Selatan pada tahun 2018.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan bahwa penerbangan tersebut menggunakan nomor identifikasi "PRK-615", kemungkinan merupakan referensi simbolis pada Deklarasi Bersama Utara-Selatan tanggal 15 Juni yang ditandatangani pada tahun 2000 oleh kedua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)