Pertama Kali Sejak 2005, Tentara Israel Rebut Koridor Philadelphi di Perbatasan Mesir-Gaza

Rabu, 08 Mei 2024 - 09:47 WIB
loading...
Pertama Kali Sejak 2005, Tentara Israel Rebut Koridor Philadelphi di Perbatasan Mesir-Gaza
Pengangkut personel lapis baja tentara Israel melakukan patroli di sepanjang Koridor Philadelphi di perbatasan Mesir, Jalur Gaza selatan, 11 September 2005. Foto/REUTERS/David Silverman
A A A
GAZA - Untuk pertama kalinya sejak tahun 2005, pasukan Israel bergerak ke sisi timur Koridor Philadelphi di perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir.

Tentara Israel mengatakan, Selasa pagi (7/5/2024), bahwa brigade lapis baja ke-401 menguasai wilayah perbatasan Rafah di sisi Palestina di Jalur Gaza selatan.

Pernyataan militer mengatakan pasukan Israel sedang melakukan “operasi penyisiran” di wilayah Rafah timur yang mereka rebut.

Rekaman tentara menunjukkan tank-tank Israel melintasi daerah tersebut dan bendera Israel dikibarkan di sisi Gaza.

Juru bicara Otoritas Penyeberangan Perbatasan Palestina menyatakan terminal perbatasan ditutup dari sisi Palestina.

Mesir mengutuk kendali militer Israel di sisi Palestina di Penyeberangan Rafah, dan menyebut tindakan tersebut sebagai “eskalasi berbahaya” yang membahayakan keselamatan lebih dari satu juta warga Palestina.

Mereka meminta rezim kolonial Israel menerapkan “pengendalian diri secara maksimal” dan agar pihak-pihak internasional melakukan intervensi “untuk meredakan krisis yang terjadi saat ini”.

Rafah adalah rumah bagi lebih dari 1,5 juta warga Palestina, yang mengungsi dari perang Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Rute Strategis


Koridor Philadelphi, juga disebut “Saladin Axis”, adalah sebidang tanah sepanjang 14 kilometer (8,69 mil) yang dijamin oleh perjanjian perdamaian Israel-Mesir tahun 1979.

Tempat ini telah dipatroli pasukan keamanan Mesir setelah tentara Israel menarik diri dari Jalur Gaza pada tahun 2005.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0916 seconds (0.1#10.140)