4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri

Selasa, 12 September 2023 - 04:25 WIB
loading...
A A A
Komandan militer Rusia Konstantin Pulikovsky, yang menemani mantan pemimpin Korea Utara itu dalam perjalanan tahun 2001, berbicara tentang kemewahannya dalam memoarnya Orient Express.

"Dimungkinkan untuk memesan hidangan apa pun dari masakan Rusia, China, Korea, Jepang, dan Prancis."

Bahkan kereta pribadi Putin “tidak senyaman kereta Kim Jong Il,” katanya.

Media pemerintah Korea Utara menyebutkan bahwa Kim Jong Il meninggal karena serangan jantung saat melakukan perjalanan dengan kereta api pada tahun 2011.

Pada bulan November 2009, harian konservatif Korea Selatan Chosun Ilbo melaporkan bahwa kereta lapis baja tersebut memiliki sekitar 90 gerbong. Kendaraan hijau bergaris kuning ini juga memiliki ruang konferensi, ruang audiensi dan kamar tidur, dengan telepon satelit dan televisi dipasang untuk pengarahan.

Kim Jong Un mungkin tidak memiliki ketakutan yang sama dengan ayahnya untuk terbang, karena ia telah terbang dengan jet pribadi buatan Rusia untuk beberapa perjalanan.

Namun saat terakhir kali dia bertemu Putin pada tahun 2019 – kemungkinan terakhir kali Kim bepergian ke luar negeri – dia juga tiba dengan kereta api ke Vladivostok di timur jauh Rusia. Ia kemudian disambut oleh pejabat dengan persembahan tradisional berupa roti dan garam.

Rumor perjalanannya, jika itu terjadi, kemungkinan besar akan dimulai di Pyongyang dan melewati stasiun Tumangang di perbatasan Rusia, di mana roda kereta akan dialihkan ke jalur Rusia.

Peralihan roda diperkirakan memakan waktu setidaknya beberapa jam.


2. Pesawat Pribadi

4 Moda Transportasi yang Digunakan Kim Jong Un saat Lawatan ke Luar Negeri

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)