5 Kesalahan Militer Rusia Sejak Menginvasi Ukraina

Kamis, 07 September 2023 - 08:08 WIB
loading...
5 Kesalahan Militer Rusia Sejak Menginvasi Ukraina
Militer Rusia tercatat melakukan sejumlah kesalahan yang merugikan sejak menginvasi Ukraina. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Rusia telah menginvasi Ukraina lebih dari 18 bulan lalu, melancarkan perang brutal yang masih belum terlihat akan berakhir.

Liputan mengenai konflik yang melelahkan ini, sebagian ditandai dengan serangkaian kesalahan militer Rusia yang dimulai sejak dini dan terus terjadi.

Namun negara itu tampaknya mulai belajar dari banyaknya kesalahan yang dilakukannya pada awal invasi. Ini dibuktikan dengan strategi pertahanannya yang kuat sehingga sejauh ini sukses membatasi serangan balasan Ukraina.

Meski telah beradaptasi, pasukan Presiden Vladimir Putin yang kelelahan dan tidak memiliki motivasi yang baik terus melakukan kesalahan sendiri.

Ada 5 kesalahan militer yang dilakukan Rusia sejak 24 Februari 2022 seperti disitir dari Insider, Kamis (7/9/2023).

5 Kesalahan yang Dilakukan Militer Rusia Sejak Menginvasi Ukraina

1. Kegagalan Merebut Kiev

5 Kesalahan Militer Rusia Sejak Menginvasi Ukraina

Foto: Ilustrasi/Sindonews

Rusia memulai perang dengan kegagalan besar. Putin bersumpah pasukan Rusia akan merebut Ibu Kota Ukraina, Kiev, dalam hitungan hari. Delapan belas bulan kemudian kota itu belum juga jatuh.

Melihat ke belakang mengungkap kesalahan taktis yang menciptakan mimpi buruk logistik Rusia di Kiev: Negara tersebut gagal menggunakan aset penerbangannya yang signifikan untuk mencapai superioritas udara di awal konflik; mengirimkan konvoi militernya untuk melakukan penyergapan di dalam dan sekitar kota; dan gagal mengerahkan kelompok taktis batalion, mengirimkan tank ke medan perang tanpa infanteri dan infanteri tanpa tank, Insider melaporkan segera setelah invasi.

Kurangnya persiapan Rusia kemungkinan besar merupakan konsekuensi dari apa yang diyakini banyak ahli sebagai kesalahan paling merugikan negara tersebut sejauh ini, yakni meremehkan Ukraina.

"Putin mengerahkan pasukannya ke dalam pertempuran yang belum pernah mereka latih melawan kekuatan bersatu yang rela kehilangan segalanya," kata Michael Kofman, pakar Rusia di Pusat Analisis Angkatan Laut, pada Februari lalu.

Calder Walton, seorang sarjana di Sekolah Pemerintahan Kennedy di Universitas Harvard dan penulis “Spies: The Epic Intelligence War Between East and West,” menulis di The Sunday Times bulan lalu bahwa badan intelijen Rusia, FSB, gagal memberikan informasi yang memadai kepada Putin tentang apa yang mungkin dihadapi pasukannya di Ukraina, sehingga memperkuat kesalahan militer yang dibuat oleh presiden Rusia sendiri.

2. Kesalahan Perang Tank yang Berulang

5 Kesalahan Militer Rusia Sejak Menginvasi Ukraina

Foto: Ilustrasi

Pasukan Rusia telah berjuang sepanjang konflik dengan perang tank, mengulangi kesalahan mencolok yang sama di berbagai pertempuran.

Pada lebih dari satu kesempatan, Rusia mengirimkan barisan tank yang tidak terlindungi untuk melakukan penyergapan di Ukraina, yang mengakibatkan kerugian kendaraan yang signifikan, bahkan berjumlah lebih dari 100 kendaraan dalam beberapa insiden. Pertama di Kiev, lalu di Bucha, dan di Vuhledar, bangkai tank yang terbakar berserakan di medan perang.

Pakar militer pada bulan Maret mengatakan kepada Insider bahwa Rusia gagal memberikan tembakan dukungan kepada tank-tanknya dalam pertempuran dan membiarkan mereka berada di tempat terbuka, membuat mereka rentan terhadap rudal anti-tank Javelin milik Ukraina. Pasukan Rusia juga mengarahkan tank mereka langsung melewati ladang ranjau, menyebabkan tank tersebut meledak.

"Negara ini berjuang untuk membuktikan diri mampu beradaptasi, mengabaikan akal sehat dalam beberapa insiden terkait tank dan gagal mengintegrasikan tank-tanknya dengan senjata gabungan," kata pakar militer kepada Insider pada bulan Maret.

Perkiraan bulan Maret dari para pejabat pertahanan Barat menunjukkan bahwa Rusia telah kehilangan setengah dari tank tempur utamanya di Ukraina, atau bahkan lebih, dan perkiraan kerugian terus bertambah sejak saat itu.

3. Serangan HIMARS

5 Kesalahan Militer Rusia Sejak Menginvasi Ukraina

Foto: Ilustrasi

Serangkaian serangan HIMARS yang tampaknya dapat dicegah dan serangan serupa kemungkinan besar telah memusnahkan ratusan tentara Rusia dalam beberapa bulan terakhir

Pada bulan Januari, serangkaian kesalahan komando Rusia menyebabkan pasukan berada dalam posisi rentan yang pada akhirnya menyebabkan kematian mereka. Ukraina menggunakan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) untuk menyerang posisi Rusia selama liburan Tahun Baru di Makiivka, sebuah kota yang diduduki Ukraina di timur.

Rusia mengkonfirmasi setidaknya 90 tentara tewas dalam serangan itu, sementara Ukraina memperkirakan jumlah korban tewas mendekati 400 orang. Insiden tersebut memicu kritik terhadap kepemimpinan militer Moskow, dengan blogger militer menuduh Kremlin menempatkan pasukan di dekat tempat penyimpanan amunisi, sehingga memungkinkan mereka menggunakan telepon seluler yang memancarkan data lokasi, dan menempatkannya dalam jangkauan tembak senjata Ukraina.

Pakar keamanan pada saat itu mengatakan kepada Insider bahwa insiden tersebut menunjukkan ketidakmampuan Rusia untuk menempatkan dan memimpin pasukan dengan aman di zona pertempuran.

Kemudian pada bulan Juni, muncul laporan bahwa pasukan Rusia dalam jumlah besar diserang ketika berada di dekat garis depan dan dalam jangkauan artileri 155mm Ukraina serta senjata presisi jarak jauh seperti HIMARS dan Storm Shadow.

Beberapa laporan memperkirakan jumlah korban tewas mencapai 100 dengan total korban 200 orang, Insider melaporkan pada saat itu. Tidak jelas mengapa begitu banyak tentara berkumpul di satu tempat. Beberapa laporan menyatakan bahwa mereka sedang memuat perbekalan dan senjata, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka sedang menunggu pidato seorang jenderal menjelang misi berbahaya.

Sejarah terulang kembali pada bulan Agustus ketika serangan HIMARS Ukraina menghantam lima unit Rusia yang berkumpul di pantai pelatihan, mengakibatkan sekitar 200 korban jiwa dan peralatan hancur, Insider melaporkan.

Pakar militer mengatakan kepada Insider bahwa insiden tersebut adalah contoh Rusia yang mengabaikan “operasi militer 101” dengan mengerahkan pasukan dalam jumlah besar di ruang terbuka yang luas.

4. Senjata Makan Tuan

5 Kesalahan Militer Rusia Sejak Menginvasi Ukraina

Foto: Ilustrasi

Kerugian yang dialami Rusia tidak selalu disebabkan oleh Ukraina. Ada beberapa contoh selama perang di mana pasukan dan pemimpin Rusia merugikan pihak mereka sendiri.

Tiga tentara Rusia tewas dan 16 lainnya luka-luka setelah seorang sersan secara tidak sengaja meledakkan granat tangan di asrama tentara. Granat tersebut meledak di pusat desa Tonenkoye di wilayah Belgorod. Ledakan tersebut juga memicu kebakaran yang memaksa beberapa orang lainnya mengungsi, media pemerintah Rusia melaporkan pada saat itu.

Kemudian pada bulan April, sebuah pesawat perang Rusia secara tidak sengaja mengebom kota perbatasan Rusia, melukai dua wanita dan merusak empat apartemen di kota Belgorod, menurut gubernur setempat.

Ada juga laporan bahwa tentara Rusia menembaki rekan mereka sendiri di tengah kekacauan dan kebingungan yang melanda tentara negara tersebut.

5. Kesalahan dalam Memberikan Perlindungan dari Serangan

5 Kesalahan Militer Rusia Sejak Menginvasi Ukraina

Foto: Ilustrasi/Sindonews

Rusia semakin berjuang untuk melindungi peralatan dan infrastruktur utamanya selama perang.

Serangkaian serangan pesawat tak berawak terhadap pangkalan udara Rusia ratusan mil dari garis depan pada bulan Desember 2022 menandai babak baru dalam serangan Ukraina terhadap infrastruktur jauh di dalam wilayah Rusia. Intelijen pertahanan Inggris menyebut serangan tersebut sebagai kegagalan dalam memberikan perlindungan.

Sejak itu, serangan Ukraina di wilayah Rusia telah menjadi norma baru ketika Rusia berjuang untuk mempertahankan diri di tengah upaya Ukraina untuk membalikkan keadaan.

Pada bulan Juli, Rusia tidak memberikan perlawanan nyata ketika sebuah kapal drone Ukraina menabrak sebuah jembatan penting di semenanjung Crimea yang diduduki.

Kapal drone eksperimental yang disebut "Sea Baby" menyerang Jembatan Kerch dengan lebih dari 1.850 pon bahan peledak dalam serangan yang menewaskan dua warga sipil dan merusak jembatan.

Ini adalah kedua kalinya jembatan tersebut diserang, menunjukkan bahwa Rusia sedang berjuang untuk mempertahankan struktur utama jembatan tersebut.

Kemudian pada bulan Agustus, Ukraina kembali melancarkan serangan kapal tak berawak terhadap kapal perang Rusia yang hanya menimbulkan sedikit respons dari kapal itu sendiri, sehingga menunjukkan bahwa awak kapal mungkin tidak menyangka hal itu akan terjadi, Insider melaporkan.

Baru minggu ini, empat pesawat angkut IL-76 Rusia rusak dalam kobaran api setelah serangan pesawat tak berawak Ukraina menghantam lapangan terbang Rusia lebih dari 400 mil dari perbatasan, yang merupakan contoh kesulitan Rusia yang terus-menerus dan semakin meningkat dalam melindungi wilayahnya sendiri.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)