Sambangi Kiev, Blinken Puji Serangan Balik Ukraina Terhadap Rusia

Kamis, 07 September 2023 - 07:18 WIB
loading...
A A A
Ditanya tentang kunjungan Blinken, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Moskow yakin Washington berencana untuk terus mendanai militer Ukraina untuk melancarkan perang hingga orang Ukraina terakhir.



Dia mengatakan bantuan AS ke Kiev tidak akan mempengaruhi jalannya apa yang disebutnya operasi militer khusus Rusia.

Kunjungan Blinken bertepatan dengan persetujuan parlemen Ukraina terhadap penunjukan Rust Umerov sebagai Menteri Pertahanan menyusul pemecatan Oleksii Reznikov. Para pejabat tidak mengatakan apakah Blinken akan bertemu Umerov.

Selama perjalanan kereta menuju Kiev, Blinken mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Denmark Mettle Fredericks, yang berkunjung pada hari yang sama.

"Blinken berterima kasih kepada Fredericks atas sumbangan jet tempur F-16 Denmark ke Ukraina dan kepemimpinan negara-negara koalisi untuk melatih pilot Ukraina," kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

Denmark dan Belanda bulan lalu mengumumkan bahwa mereka akan memasok lebih dari 60 jet tempur F-16 buatan AS segera setelah pilot Ukraina dilatih untuk menerbangkannya. Keduanya menjadi negara pertama yang menawarkan jet tersebut.



Pemerintah AS telah memberikan lebih dari USD43 miliar persenjataan dan bantuan militer lainnya ke Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

Beberapa calon presiden dari Partai Republik mempertanyakan bantuan AS, sehingga memicu kekhawatiran apakah Washington akan mempertahankan dukungannya terhadap Ukraina setelah kampanye pemilu AS pada tahun 2024 semakin intensif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)