6 Fakta Kesepakatan dalam KTT AS, Korea Selatan, dan Jepang, Salah Satunya Siap Berperang Melawan China

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 20:12 WIB
loading...
A A A
Juru bicara kedutaan China di Washington, Liu Pengyu, mengatakan komunitas internasional dapat menilai siapa yang meningkatkan ketegangan.

“Upaya untuk menyatukan berbagai kelompok eksklusif dan membawa konfrontasi blok dan blok militer ke Asia-Pasifik tidak akan mendapat dukungan dan hanya akan ditanggapi dengan kewaspadaan dan penentangan dari negara-negara kawasan,” katanya.


4. Membangun Persatuan di Era Baru

6 Fakta Kesepakatan dalam KTT AS, Korea Selatan, dan Jepang, Salah Satunya Siap Berperang Melawan China

Foto/Reuters

KTT Camp David pertama Biden untuk para pemimpin asing dan dia mengatakan tempat yang berhutan telah lama melambangkan "kekuatan awal baru dan kemungkinan baru."

"Jika saya terlihat bahagia, saya bahagia," katanya dalam konferensi pers bersama dengan Kishida dan Yoon, menyebutnya sebagai "era baru" untuk ketiga negara. "Ini pertemuan yang luar biasa, luar biasa."

Biden memuji para pemimpin atas keberanian politik mereka dalam mengejar pemulihan hubungan. Dia berkata bahwa mereka memahami dunia sedang "pada titik belok, di mana kita dipanggil untuk memimpin dengan cara baru, untuk bekerja sama, untuk berdiri bersama."

"Yang penting, kita semua berkomitmen untuk segera berkonsultasi satu sama lain dalam menanggapi ancaman terhadap salah satu negara kita dari sumber apa pun itu terjadi." dia berkata. "Itu berarti kami akan memiliki hotline untuk berbagi informasi dan mengoordinasikan tanggapan kami setiap kali ada krisis di kawasan ini, atau memengaruhi salah satu negara kami."

"Bersama kita akan membela hukum internasional," dan menentang "paksaan," kata Biden.

5. Tidak Ada Pakta Pertahanan 3 Negara

6 Fakta Kesepakatan dalam KTT AS, Korea Selatan, dan Jepang, Salah Satunya Siap Berperang Melawan China

Foto/Reuters

Pejabat A.S. mengatakan sejarah yang tersisa adalah salah satu alasan ketiga negara saat ini tidak mengejar pakta pertahanan timbal balik tiga arah seperti yang dimiliki Washington secara terpisah dengan Seoul dan Tokyo - yang bukan sekutu resmi mereka sendiri.

Namun Kurt Campbell, penasihat Biden untuk urusan Indo-Pasifik, mengatakan KTT itu terjadi berkat "diplomasi yang menakjubkan" yang dipimpin oleh Yoon dan Kishida, yang "kadang-kadang bertentangan dengan nasihat mereka."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)