6 Fakta Kesepakatan dalam KTT AS, Korea Selatan, dan Jepang, Salah Satunya Siap Berperang Melawan China

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 20:12 WIB
loading...
6 Fakta Kesepakatan dalam KTT AS, Korea Selatan, dan Jepang, Salah Satunya Siap Berperang Melawan China
KTT di Camp David antara AS, Jepang dan Korea Selatan menyatukan persepsi melawan China. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan para pemimpin Korea Selatan dan Jepang sepakat di Camp David untuk memperkuat kerja sama militer dan ekonomi dan membuat kecaman bersama yang paling keras terhadap "perilaku berbahaya dan agresif" oleh China di Laut China Selatan.

Pemerintahan Biden mengadakan pertemuan puncak dengan para pemimpin sekutu utama AS di Asia, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dalam upaya untuk memproyeksikan persatuan dalam menghadapi meningkatnya kekuatan China dan ancaman nuklir dari Korea Utara.

Berikut adalah 6 kesepakatan penting dalam konferensi AS, Jepang, dan Korea Selatan di Camp David.

1. Gelar Latihan Perang Setiap Tahun

6 Fakta Kesepakatan dalam KTT AS, Korea Selatan, dan Jepang, Salah Satunya Siap Berperang Melawan China

Foto/Reuters

Dalam pernyataan puncak, ketiga negara berkomitmen untuk segera berkonsultasi satu sama lain selama krisis dan mengoordinasikan tanggapan terhadap tantangan, provokasi, dan ancaman regional yang memengaruhi kepentingan bersama.

Mereka juga sepakat untuk mengadakan latihan militer setiap tahun dan berbagi informasi waktu nyata tentang peluncuran rudal Korea Utara pada akhir tahun 2023. Kedua negara berjanji untuk mengadakan pertemuan puncak trilateral setiap tahun.


2. Melupakan Sejarah Buruk Masa Lalu

6 Fakta Kesepakatan dalam KTT AS, Korea Selatan, dan Jepang, Salah Satunya Siap Berperang Melawan China

Foto/Reuters

Sementara komitmen politik tidak mencapai aliansi formal tiga arah, mereka mewakili langkah berani untuk Seoul dan Tokyo, yang memiliki sejarah panjang permusuhan timbal balik yang berasal dari pemerintahan kolonial Jepang yang keras pada tahun 1910-1945 di Korea.

KTT di tempat peristirahatan kepresidenan Maryland adalah pertemuan mandiri pertama antara AS dan Jepang dan Korea Selatan dan terjadi berkat pemulihan hubungan yang diluncurkan oleh Yoon. Itu didorong oleh persepsi bersama tentang ancaman yang ditimbulkan oleh China dan Korea Utara, serta Rusia setelahnya invasi ke Ukraina.

3. Bersatu Melawan China

Melansir Reuters, tanpa menyebut nama China, Kishida mengatakan, "Upaya sepihak untuk mengubah status quo dengan paksa di Laut China Timur dan Selatan terus berlanjut," sambil menambahkan bahwa ancaman nuklir dan rudal Korea Utara "semakin besar."

Yoon mengatakan perjanjian puncak berarti bahwa "setiap provokasi atau serangan terhadap salah satu dari tiga negara kita akan memicu proses pengambilan keputusan dari kerangka trilateral ini dan solidaritas kita akan menjadi lebih kuat dan lebih keras."

Bahasa para pemimpin di China tampak lebih kuat dari yang diharapkan, dan kemungkinan besar akan memicu tanggapan dari Beijing, yang merupakan mitra dagang penting bagi Korea Selatan dan Jepang.

“Mengenai perilaku berbahaya dan agresif yang mendukung klaim maritim yang melanggar hukum yang baru-baru ini kita saksikan oleh Republik Rakyat Cjoma (RRC) di Laut China Selatan, kami menentang keras setiap upaya sepihak untuk mengubah status quo di perairan Indo-Pasifik," kata pernyataan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)