Mantan Komandan NATO: Konflik Niger Bisa Sebabkan Perang Besar-besaran di Afrika

Senin, 07 Agustus 2023 - 08:01 WIB
loading...
A A A
"Semua elemen yang akan masuk ke dalam intervensi akhirnya telah dibawa ke sini dan disempurnakan, termasuk waktu, sumber daya yang dibutuhkan dan bagaimana dan di mana serta kapan kita akan mengerahkan kekuatan seperti itu," kata Abdel-Fatau Musah, Komisioner Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) untuk urusan politik, perdamaian dan keamanan, setelah pertemuan antara kepala pertahanan dari negara-negara ECOWAS kecuali Mali, Burkina Faso, Chad, Guinea dan Niger.

Namun, Musah tidak mengatakan apakah ECOWAS akan mengerahkan pasukan pada akhir tenggat waktu yang diberikan kepada junta Niger.

Saat berbicara kepada The New York Times melalui telepon, Jenderal Christopher Gwabin Musa, kepala staf pertahanan Nigeria, mengatakan: "Demokrasi harus dipulihkan, melalui diplomasi atau kekuatan."

Pada hari Minggu, pakar keamanan dan intelijen Oluseyi Adetayo mengatakan kepada CNN: "Persiapan sudah dilakukan dengan sangat baik, tidak ada keraguan tentang itu dan militer bersiaga. Menurut pemahaman saya sendiri, Nigeria tidak akan mundur dan akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mengembalikan Niger ke pemerintahan sipil."

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menulis di X pada hari Jumat bahwa AS menghentikan program bantuan luar negeri tertentu kepada Niger.

"Pemberian bantuan Amerika Serikat kepada pemerintah Niger bergantung pada pemerintahan demokratis dan penghormatan terhadap tatanan konstitusional. Kami menghentikan sementara asing tertentu program bantuan, dan akan terus meninjau bantuan kami seiring perkembangan situasi," tulis Blinken.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)