10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia

Minggu, 06 Agustus 2023 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Baru-baru ini, kode braille untuk menulis email dan alamat situs web (braille komputer) telah tersedia. Orang juga dapat menggunakan kode lain yang ditemukan oleh Louis Braille, khususnya untuk mempelajari musik.

5. Seorang tunanetra dapat membaca huruf braille lebih cepat daripada orang yang dapat membaca huruf cetak.

10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia

Foto/Reuters

Orang yang dapat melihat dapat membaca rata-rata 300 kata per menit. Membaca braille, seorang tunanetra rata-rata dapat membaca 400 kata. Braille dibaca dengan kedua tangan: satu tangan dengan ringan menelusuri garis titik-titik sementara tangan lainnya diam di awal baris berikutnya.

6. Buku Braille memakan banyak ruang rak.

Berkat sifat taktilnya, buku braille jauh lebih besar daripada buku cetak. Versi cetak Harry Potter And The Goblet of Fire, misalnya, adalah satu jilid. Dalam huruf braille, itu 10. Vversi braille dari Webster's Unabridged Dictionary hadir dalam 72 jilid. Anda membutuhkan rak buku yang cukup besar untuk menyimpannya.

7. Game, mainan, dan produk populer lainnya memiliki versi braille.

Dadu braille dan kartu domino, permainan kartu seperti Uno, dan permainan papan klasik seperti Monopoli dan Scrabble tersedia. Anak-anak dapat bermain dengan bola yang bersiul atau berbunyi bip, bata LEGO braille, teka-teki, perlengkapan kerajinan, dan peralatan menggambar dalam huruf braille. Bahkan ada Kubus Rubik braille.

Untuk orang dewasa, ada juga produk braille untuk memasak, memanggang, menyimpan, dan memberi label, seperti timer bicara, timbangan bicara untuk menimbang makanan, termometer braille, dan buku masak braille. Perlengkapan kantor dan perlengkapan perjalanan juga tersedia dalam edisi braille.

8. Perangkat Braille berintegrasi mulus dengan komputer dan internet.

Pembaca dan penulis braille dapat menggunakan perangkat braille yang dapat disegarkan seperti layar braille yang terhubung ke komputer dan internet melalui Bluetooth atau kabel. Pengguna menempatkan tampilan braille di bawah keyboard komputer, tempat mereka dapat memeriksa apa yang telah mereka tulis. Perangkat ini dapat disegarkan secara manual atau diperbarui secara otomatis untuk menampilkan apa yang ada di layar komputer dalam huruf braille.

Pencatat braille dan smart display adalah dua perangkat braille lain yang dapat disegarkan yang dapat dibeli pengguna. Seorang pencatat memungkinkan pengguna untuk membuat catatan, mengalirkan musik, membaca buku, dan menjelajahi internet melalui satu perangkat. Layar pintar dapat digunakan bersamaan dengan komputer dan smartphone.

9. Ada 133 “bahasa” braille.

10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia

Foto/Reuters

Secara teknis, braille bukanlah bahasa—itu adalah sistem penulisan yang dapat digunakan untuk mengekspresikan berbagai bahasa. Orang buta di negara berbahasa Inggris belajar braille bahasa Inggris. Ada juga kode braille Prancis, Spanyol, Ibrani, China, dan lusinan lainnya yang dapat digunakan oleh penutur bahasa tersebut untuk membaca dan menulis.

Saat ini, terdapat kode braille untuk 133 bahasa, semuanya disusun dalam sebuah buku referensi berjudul Penggunaan Braille Sedunia dan diterbitkan oleh Perkins School for the Blind. Edisi terbaru diperluas untuk menyertakan kode untuk delapan bahasa Pribumi, seperti Iñupiat, Khmer, dan Ndebele.


10. Ada alasan mengapa braille muncul di ATM drive-through.

10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia

Foto/Reuters

American With Disabilities Act (ADA) mensyaratkan bahwa ATM harus dapat diakses oleh semua pengguna. Orang buta harus bisa mengoperasikannya secara mandiri. Hal yang sama berlaku untuk lift, toilet, dan semua akomodasi umum lainnya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)