10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia

Minggu, 06 Agustus 2023 - 17:30 WIB
loading...
10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia
Braille memiliki banyak keunikan. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Diciptakan oleh Louis Braille, sistem braille telah membantu orang buta membaca dan menulis selama hampir 200 tahun.

Braille adalah sistem taktil yang digunakan penyandang tunanetra untuk belajar membaca dan menulis, ditemukan pada tahun 1824 oleh seorang pendidik tunanetra Prancis bernama Louis Braille. Dia merevolusi sistem menulis dan membaca yang memungkinkan orang buta menikmati buku dan komunikasi.

Saat ini, siswa yang baru memulai pendidikan braille memiliki perangkat teknologi pintar. Mungkin mereka yang datang setelah mereka akan memiliki sesuatu yang lebih segar dan lebih baru di ujung jari mereka.

Berikut 10 fakta unik lainnya tentang braille.

1. Louis Braille melukai dirinya sendiri dengan penusuk.

10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia

Foto/Reuters

Louis Braille lahir di desa Coupvray, Prancis, pada tahun 1809. Ketika dia berusia 3 tahun, dia secara tidak sengaja menusuk dirinya sendiri di mata kanannya dengan penusuk, alat runcing dari toko baju zirah ayahnya — ironisnya, alat yang dia miliki d gunakan di kemudian hari untuk menekan titik-titik ke dalam kertas sambil menyempurnakan huruf braille.

Tidak ada yang bisa dilakukan siapa pun untuk menyelamatkan penglihatannya, dan sayangnya, mata kirinya juga terinfeksi. Dia benar-benar buta pada usia 5 tahun. Ketika dia berusia 10 tahun, seorang pendeta setempat meyakinkan satu-satunya sekolah di Paris untuk siswa tunanetra, Royal Institute for Blind Youth, untuk menawarkan beasiswa kepada anak laki-laki itu. Dia bersekolah dan akhirnya mengajar di sekolah tersebut.

2. Braille mengembangkan sistem membaca dan menulisnya ketika dia baru berusia 15 tahun.

10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia

Foto/Reuters

Di Royal Institute, siswa belajar membaca dengan menyentuh huruf Latin besar yang timbul di atas kertas, sebuah metode yang diperjuangkan oleh pendiri sekolah, Valentin HaĂĽy. Sistem ini juga memungkinkan siswa untuk belajar matematika dan musik, tetapi tidak menawarkan kerangka kerja untuk mengajar siswa menulis.

Selama di institut tersebut, Louis Braille mempelajari kode militer yang dikembangkan oleh Charles Barbier dan tentara Prancis. Dikenal sebagai Écriture Nocturne ("tulisan malam"), kode tersebut menerjemahkan suara fonetik ke dalam kisi-kisi titik-titik yang ditinggikan dalam dua kolom yang masing-masing terdiri dari enam titik, dengan setiap kisi mewakili satu suara. Dengan mengikuti titik-titik melalui sentuhan, tentara dapat berkomunikasi dalam kegelapan tanpa risiko ketahuan.

Braille mengadopsi sistem ini dan menciptakan format enam titik timbul yang lebih ramping (masing-masing dua kolom terdiri dari tiga titik), yang dikenal sebagai sel. Titik-titik tersebut dapat disusun menjadi 63 kombinasi huruf, angka, singkatan, dan bentuk tanda baca. Di kiri atas ke bawah ada titik satu, dua, dan tiga; di sebelah kanan adalah titik empat, lima, dan enam.


3. Braille memiliki jalan pintas.

10 Fakta Unik tentang Braille, Nomor 9 Menyebar ke Seluruh Dunia

Foto/Reuters

Bentuk paling dasar dari braille sastra tidak dikontrak dan dikontrak. Braille yang tidak disingkat dapat dibandingkan dengan menulis setiap huruf di media cetak. Braille yang dikontrak adalah versi singkatan. Misalnya, braille yang tidak dikontrak seperti tidak menulis dan braille yang dikontrak seperti tidak menulis.

4. Braille juga memiliki kode khusus untuk matematika dan mata pelajaran lainnya.

Abraham Nemeth, seorang ahli matematika yang buta, menemukan kode dan simbol braille untuk mengkomunikasikan matematika lanjutan seperti aljabar dan kalkulus setelah dibuat frustrasi oleh keterbatasan sistem braille asli. Kode Nemeth, diperkenalkan pada tahun 1950, sekarang digunakan secara luas di universitas dan buku teks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)