Peningkatan Serangan Bom Bunuh ISIS Guncang Politik dan Ekonomi di Pakistan

Rabu, 02 Agustus 2023 - 22:15 WIB
loading...
A A A
Valle, sang peneliti, mengatakan bahwa kelompok-kelompok itu berdiri di ujung spektrum yang berlawanan dalam hal kesetiaan dan permusuhan mereka terhadap Taliban Afghanistan dan agenda regional.

“Kami melihat bahwa TTP tidak hanya langsung menjauhkan diri dari serangan Bajaur tetapi juga menuduh IS-K sebagai proksi dari pendirian Pakistan,” katanya kepada Al Jazeera.

Syed Akhtar Ali Shah, mantan kepala polisi di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, mengatakan bahwa ISIS-K didorong oleh ideologi organisasi induk ISIL, yaitu untuk menciptakan "kekhalifahan Islam" di seluruh dunia.

“Mereka memiliki ideologi transnasional. Mereka menggunakan istilah 'takfeer', yang berarti siapa saja yang menyimpang dari jalan. Jadi menurut ISIL, siapa pun, bahkan jika mereka adalah pengikut Islam, mereka dapat dibunuh jika mereka berpihak pada orang kafir. Dan bagi ISIL, JUIF dan Taliban semuanya kafir,” kata mantan kepala polisi itu kepada Al Jazeera.

Shah menambahkan bahwa kepala TTP yang baru, Noor Wali Mehsud, telah menjelaskan bahwa kelompok tersebut hanya akan menargetkan personel keamanan dan seringkali dengan cepat mengutuk aktivitas ISIS-K.

“Ini adalah keputusan taktis mereka untuk tidak menargetkan masyarakat umum, tetapi juga dengan cepat, dan dengan tegas mengutuk tindakan kekerasan oleh IS-K. Saudara ideologis mereka di Afghanistan, Taliban di sana juga melakukan yang terbaik untuk memberantas IS-K,” katanya.

Mir, peneliti di USIP, mengatakan bahwa peningkatan kekerasan adalah bagian dari lanskap keamanan negara yang memburuk secara keseluruhan dan tidak terkait dengan pemilu.

“Kekerasan tampaknya merupakan eskalasi bertahap dan tidak didorong oleh pemilu yang akan datang. Sebagian besar kekerasan dilakukan oleh TTP, yang diuntungkan dari pengambilalihan Taliban dan sejak saat itu memiliki tempat permisif di Afghanistan,” katanya.

Pemerintah Pakistan telah melakukan banyak pertemuan dengan rekan-rekan Afghanistannya, yang mereka klaim tidak cukup untuk mengontrol pergerakan pejuang TTP melintasi perbatasan kedua negara.

Delegasi tingkat tinggi mengunjungi Kabul awal tahun ini. Pada bulan Mei, Menteri Luar Negeri Afghanistan Mawlawi Amir Khan Muttaqi mengunjungi Pakistan selama dua hari, tetapi serangan kekerasan tampaknya meningkat meskipun ada dialog.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)