Peningkatan Serangan Bom Bunuh ISIS Guncang Politik dan Ekonomi di Pakistan

Rabu, 02 Agustus 2023 - 22:15 WIB
loading...
A A A
Mir, bagaimanapun, menambahkan bahwa mungkin tindakan melawan JUIF juga didorong oleh dukungan mereka untuk operasi Taliban Afghanistan melawan IS-K.

Terlepas dari alasannya, pengeboman di Bajaur hanyalah yang terbaru dari tren insiden kekerasan yang meningkat tahun ini.

Menurut PICSS, Pakistan melihat "peningkatan serangan militan yang mengejutkan sebesar 79 persen selama paruh pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu".

Sebagian besar serangan terjadi di provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan distrik sukunya. Ini diikuti oleh insiden di provinsi barat daya Balochistan, di mana kampanye bersenjata nasionalis terus berlanjut selama bertahun-tahun.

Lebih dari 100 orang tewas pada Januari tahun ini ketika seorang pembom bunuh diri menargetkan sebuah masjid di daerah garis polisi Peshawar. Pada Februari para pejuang bersenjata menargetkan kantor polisi utama di selatan kota Karachi dalam serangan yang berlangsung berjam-jam dan menewaskan sedikitnya lima orang. Serangan skala besar lainnya terjadi di daerah Swat Khyber Pakhtunkhwa pada bulan April ketika penyerang menargetkan kantor kontraterorisme, yang mengakibatkan kematian 17 orang.

Serangan hari Minggu terhadap reli politik JUIF menimbulkan pertanyaan apakah Pakistan akan kembali menyaksikan kekerasan pra-pemungutan suara, yang terlihat pada tahun-tahun pemilihan sebelumnya.

Pakistan dijadwalkan mengadakan pemilihan umum akhir tahun ini dan memiliki sejarah kekerasan di mana tokoh politik menjadi sasaran.

Sejak Taliban Afghanistan mengambil alih Kabul pada Agustus 2021, TTP memfokuskan serangannya pada lembaga penegak hukum Pakistan dan personelnya dan telah melakukan banyak serangan dengan berbagai ukuran.

Dalam pernyataan baru-baru ini, kelompok tersebut mengklaim telah melakukan 98 serangan dengan berbagai intensitas pada bulan Juli saja.

Namun, meski memiliki ambisi yang sama untuk mendirikan emirat Islam di sabuk kesukuan Pakistan seperti ISIS-K, kedua kelompok tersebut berselisih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)