Aliansi Oposisi Pecah, Srettha Thavisin Akan Maju Menjadi Kandidat PM Thailand

Rabu, 02 Agustus 2023 - 21:05 WIB
loading...
A A A


"Anda mengkhianati rakyat," teriak beberapa pengunjuk rasa, mengacu pada Pheu Thai.

Calon PM Pheu Thai, Srettha, memiliki sedikit pengalaman politik. Dia ikut mendirikan Sansiri yang terdaftar di Bangkok, salah satu pengembang real estate terbesar di Thailand.

"Anggota aliansi baru yang akan berusaha membentuk pemerintahan berikutnya akan diumumkan pada Kamis," kata Chonlanan.

Upaya Pheu Thai untuk membentuk pemerintahan datang saat Thaksin berencana untuk kembali ke Thailand setelah hampir 15 tahun mengasingkan diri.

Thaksin, 74, yang digulingkan sebagai perdana menteri dalam kudeta tahun 2006, diharapkan kembali minggu depan, kata putrinya, yang juga seorang pemimpin Pheu Thai, baru-baru ini. Dia menghadapi hukuman satu dekade penjara atas dakwaan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan, tuduhan yang dia tolak dan digambarkan bermotivasi politik.

Move Forward menjadi terkenal dengan dukungan pemilih muda, banyak dari mereka memprotes selama berbulan-bulan terhadap pemerintah yang didukung militer pada tahun 2020.

Oposisi konservatif untuk Maju berasal dari agenda progresif yang dilihat oleh kalangan royalis-militer sebagai ancaman, khususnya janji untuk mengubah undang-undang, yang dikenal sebagai pasal 112, yang menghukum penghinaan terhadap monarki dengan hukuman penjara hingga 15 tahun.

Kritikus mengatakan undang-undang tersebut telah lama digunakan oleh kaum konservatif untuk membungkam perbedaan pendapat.

Sekretaris Jenderal Move Forward, Chaithawat Tulathon, mengatakan penentangan terhadap proposal partainya untuk mengubah undang-undang adalah alasan untuk memblokirnya dari kekuasaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)