Aliansi Oposisi Pecah, Srettha Thavisin Akan Maju Menjadi Kandidat PM Thailand

Rabu, 02 Agustus 2023 - 21:05 WIB
loading...
Aliansi Oposisi Pecah, Srettha Thavisin Akan Maju Menjadi Kandidat PM Thailand
Srettha Thavisin menjadi kandidat PM Thailand setelah aliansi oposisi bubar. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Partai Pheu Thai Thailand akan mencalonkan seorang taipan properti, Srettha Thavisin , untuk menjadi perdana menteri (PM) karena partai itu memimpin upaya untuk membentuk pemerintahan. Itu setelah setelah partai progresif Move Forward yang memenangkan pemilihan Mei mundur dari aliansi.

Perekonomian terbesar kedua di Asia Tenggara itu berada dalam limbo politik sejak pemilu 14 Mei, yang dimenangkan oleh partai Move Forward dengan dukungan pemilih muda yang lelah dengan pemerintahan yang berhubungan dengan militer, diikuti oleh partai populis Pheu Thai.

Pheu Thai, inkarnasi terbaru dari sebuah partai yang didirikan oleh mantan taipan telekomunikasi Thaksin Shinawatra, mengatakan akan mencalonkan Srettha Thavisin dalam pemungutan suara parlemen untuk perdana menteri pada hari Jumat.



Dikatakan Move Forward tidak lagi menjadi bagian dari koalisi. Meskipun memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan, itu menghadapi tentangan tanpa henti dari partai-partai pro-militer dan anggota Senat majelis tinggi yang ditunjuk militer, yang khawatir dengan agenda reformasinya.

"Pheu Thai telah mendukung Move Forward dengan kemampuan penuh kami," kata pemimpin Pheu Thai Chonlanan Srikaew, dilansir Reuters. Dia menjelaskan keputusan partainya untuk mencampakkan sekutunya dan memimpin dalam pembentukan pemerintahan.

Di bawah konstitusi yang dirancang selama pemerintahan militer, sidang gabungan dari dua majelis parlemen harus memilih perdana menteri, yang kemudian membentuk pemerintahan.

Upaya Move Forward untuk mengajukan pemimpinnya, Pita Limjaroenrat, dipilih sebagai PM diblokir oleh kaum konservatif.

Rangsiman Rome, seorang anggota parlemen Move Forward, mengatakan kepada wartawan bahwa dia terkejut dengan keputusan Pheu Thai untuk meninggalkan aliansi mereka.

"Saya pikir kami sudah menikah. Hari ini ... ini seperti perceraian," kata Rangsiman di dekat markas Pheu Thai, di mana lebih dari 100 orang berkumpul untuk memprotes pengesampingan Move Forward.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)