Aliansi Oposisi Pecah, Srettha Thavisin Akan Maju Menjadi Kandidat PM Thailand

Rabu, 02 Agustus 2023 - 21:05 WIB
loading...
Aliansi Oposisi Pecah, Srettha Thavisin Akan Maju Menjadi Kandidat PM Thailand
Srettha Thavisin menjadi kandidat PM Thailand setelah aliansi oposisi bubar. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Partai Pheu Thai Thailand akan mencalonkan seorang taipan properti, Srettha Thavisin , untuk menjadi perdana menteri (PM) karena partai itu memimpin upaya untuk membentuk pemerintahan. Itu setelah setelah partai progresif Move Forward yang memenangkan pemilihan Mei mundur dari aliansi.

Perekonomian terbesar kedua di Asia Tenggara itu berada dalam limbo politik sejak pemilu 14 Mei, yang dimenangkan oleh partai Move Forward dengan dukungan pemilih muda yang lelah dengan pemerintahan yang berhubungan dengan militer, diikuti oleh partai populis Pheu Thai.

Pheu Thai, inkarnasi terbaru dari sebuah partai yang didirikan oleh mantan taipan telekomunikasi Thaksin Shinawatra, mengatakan akan mencalonkan Srettha Thavisin dalam pemungutan suara parlemen untuk perdana menteri pada hari Jumat.



Dikatakan Move Forward tidak lagi menjadi bagian dari koalisi. Meskipun memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan, itu menghadapi tentangan tanpa henti dari partai-partai pro-militer dan anggota Senat majelis tinggi yang ditunjuk militer, yang khawatir dengan agenda reformasinya.

"Pheu Thai telah mendukung Move Forward dengan kemampuan penuh kami," kata pemimpin Pheu Thai Chonlanan Srikaew, dilansir Reuters. Dia menjelaskan keputusan partainya untuk mencampakkan sekutunya dan memimpin dalam pembentukan pemerintahan.

Di bawah konstitusi yang dirancang selama pemerintahan militer, sidang gabungan dari dua majelis parlemen harus memilih perdana menteri, yang kemudian membentuk pemerintahan.

Upaya Move Forward untuk mengajukan pemimpinnya, Pita Limjaroenrat, dipilih sebagai PM diblokir oleh kaum konservatif.

Rangsiman Rome, seorang anggota parlemen Move Forward, mengatakan kepada wartawan bahwa dia terkejut dengan keputusan Pheu Thai untuk meninggalkan aliansi mereka.

"Saya pikir kami sudah menikah. Hari ini ... ini seperti perceraian," kata Rangsiman di dekat markas Pheu Thai, di mana lebih dari 100 orang berkumpul untuk memprotes pengesampingan Move Forward.



"Anda mengkhianati rakyat," teriak beberapa pengunjuk rasa, mengacu pada Pheu Thai.

Calon PM Pheu Thai, Srettha, memiliki sedikit pengalaman politik. Dia ikut mendirikan Sansiri yang terdaftar di Bangkok, salah satu pengembang real estate terbesar di Thailand.

"Anggota aliansi baru yang akan berusaha membentuk pemerintahan berikutnya akan diumumkan pada Kamis," kata Chonlanan.

Upaya Pheu Thai untuk membentuk pemerintahan datang saat Thaksin berencana untuk kembali ke Thailand setelah hampir 15 tahun mengasingkan diri.

Thaksin, 74, yang digulingkan sebagai perdana menteri dalam kudeta tahun 2006, diharapkan kembali minggu depan, kata putrinya, yang juga seorang pemimpin Pheu Thai, baru-baru ini. Dia menghadapi hukuman satu dekade penjara atas dakwaan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan, tuduhan yang dia tolak dan digambarkan bermotivasi politik.

Move Forward menjadi terkenal dengan dukungan pemilih muda, banyak dari mereka memprotes selama berbulan-bulan terhadap pemerintah yang didukung militer pada tahun 2020.

Oposisi konservatif untuk Maju berasal dari agenda progresif yang dilihat oleh kalangan royalis-militer sebagai ancaman, khususnya janji untuk mengubah undang-undang, yang dikenal sebagai pasal 112, yang menghukum penghinaan terhadap monarki dengan hukuman penjara hingga 15 tahun.

Kritikus mengatakan undang-undang tersebut telah lama digunakan oleh kaum konservatif untuk membungkam perbedaan pendapat.

Sekretaris Jenderal Move Forward, Chaithawat Tulathon, mengatakan penentangan terhadap proposal partainya untuk mengubah undang-undang adalah alasan untuk memblokirnya dari kekuasaan.

"Kekuatan lama tidak ingin melihat pemerintahan Maju," katanya.

Wakil pemimpin Pheu Thai Phumtham Wechayachai mengatakan pemerintah yang dipimpin oleh partainya tidak akan mendukung amandemen pasal 112 tetapi akan fokus pada penyelesaian masalah ekonomi dan politik.

Beberapa ratus pengunjuk rasa berkumpul dengan mobil dan sepeda motor untuk menunjukkan rasa frustrasi di dekat markas Pheu Thai di Bangkok.

Beberapa pengunjuk rasa menghidupkan kembali seruan dari agitasi 2020, meneriakkan "hapus 112".

Jiraporn Butsapakit, seorang pengunjuk rasa berusia 75 tahun, mengatakan dia berharap Pheu Thai dan Move Forward bisa bekerja sama untuk demokrasi.

"Saya sangat kecewa," katanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)